Wisata Kuliner Jogja

Wisata Kuliner Jogja

Home » Resto

Sensasi Pedas dan Wangi ala Sambel Welut Pak Sabar

Sensasi Pedas dan Wangi ala Sambel Welut Pak Sabar Jogja

Perburuan kuliner kali ini terbilang cukup blusukan. Selain dikarenakan saya belum mengetahui letak tepatnya, konon warung yang akan saya tuju ini tidak terletak di pinggir ruas jalan besar. Yang saya tahu hanya namanya, “Sambel Welut Pak Sabar”. Warung yang sudah cukup kerap diperbincngkan di kalangan pecinta kuliner.

Setelah mengumpulkan beberapa informasi, saya pun segera menuju warung yang terletak di sekitar Jl. Imogiri Barat Km. 4, tepatnya di Dokaran, Tamanan, Banguntapan, Bantul. Kebetulan waktu sudah menunjukkan pukul 16.00 WIB, sehingga warung ini tampak lenggang. Berhubung ini kunjungan perdana saya, saya pun memesan tanpa pikir panjag. Akhirnya keluarlah tiga menu yang akan saya pesan kali ini, yaitu welut goreng, sambel welut, dan kuthok (ikan gabus) goreng.

Proses pembuatan terbilang sedikit memakan waktu, hal ini dikarenakan berbagai bahan pembuatannya sangat fresh. Setelah menanti dengan rasa penasaran, akhirnya satu per satu menu pesanan pun datang. Layaknya khas penyajian rumah makan tradisional, selain menyajikan menu-menu pesanan saya, mereka juga menyertakan rebusan godhong telo dan tentunya lalapan segar.

Sambel welut, menu andalan warung ini pun langsung saya santap. Sambel dan welutnya sebenarnya dapat disajikan dalam bentuk dicampur atau dipisah. Berhubung saya tidak tahu, maka sambel dan welut saya pun dipisah. Sambelnya yang menggunakan bahan dasar cabai hijau terlihat begitu menyegarkan. Belum lagi aromanya, benar-benar wangi. Perpaduan cabe hijau, rempah, kemangi, dan jeruk purut bercampur dengan sangat pas.

Welutnya pun digoreng dengan baik, tidak terlalu garing namun matang. Sangat lezat jika disantap bersama sambelnya. Begitu pula dengan ikan gabusnya yang memiliki tekstur lembut dan rasa yang gurih. Memang sambel hijau yang sensasional ini benar-benar menggugah selera dan sangat pas disantap bersama berbagai lauk pauk yang disediakan.

Setelah membayar tagihan menu saya, saya baru mengetahui bahwa setiap menu dihitung berdasarkan jumlah ons. Jadi, berbagai pesanan dapat disajikan sesuai dengan kebutuhan dan keinginan Anda.

Buat toko online cuma 20 detik! Hanya Rp 99ribu/bulan. Coba sekarang GRATIS 15 hari. Kunjungi Jejualan Jasa Pembuatan Toko Online.

(Dito/DISKON.com)


Tags : Kuliner, Jogja, Welut, sambel


Komentari kuliner ini


© 2013 MakanJogja.com | Wisata Kuliner Jogja | Kontak Tim Makanjogja | hosted by IDwebhost Page loaded in 0.0649 second.