Wisata Kuliner Jogja

Wisata Kuliner Jogja

Home » Resto

Mangut Lele Bu Is, Mangut yang Bikin Ketagihan

Mangut Lele Bu Is, Mangut yang Bikin Ketagihan Jogja

Awalnya saya mengenal mangut ini dari paman saya. Saya sendiri tidak tahu darimana paman saya mengenal mangut ini, tapi yang pasti dia mengenal Rumah Makan Mangut Lele Bu Is ini sebagai tempat makan yang wajib dikunjungi karena kelezatannya. Sebagai keponakan yang baik, saat itu saya hanya manut  saja mau dibawa kemana, namun kini rumah makan ini adalah salah satu favorit saya.

Rumah Makan Mangut Lele Bu Is ini terletak di Jl. Imogiri Barat Km. 12. Dulu, pertama kali saya mengunjungi tempat ini, tempat ini lebih tepat disebut sebagai warung karena bangunannya yang masih terbilang sangat sederhana. Hal ini sangat berbeda dengan saat ini yang sudah berdiri rumah beton sebagai bagian utama dari rumah makan ini. Sesampainya saya di rumah makan ini, saya langsung memesan dua mangut lele.

Cara penyajian di rumah makan ini cukup unik. Ibu-ibu yang melayani akan memberi satu paket menu lengkap, mulai dari oseng-oseng lombok ijo, aneka sayur segar, hingga sambal urap. Semua menu ini nantinya akan dikenakan harga seuai dengan jumlah yang disantap. Kembali ke mangut lelenya, saya memesan dua porsi lele karena saya yakin bahw satu porsi mangut lele tidaklah cukup karena mangut ini bukan mangut biasa. Benar-benar lezat.

Jika diperhatikan, ada kemiripan secara bentuk antar mangut dan gulai. Yang membedakannya adalah tingkat kepekatannya yang jauh lebih cair jika dibandingkan dengan gulai. Namun jika membahas soal rasa, saya pikir gulai dan mangut sangat berbeda. Mangut cenderung dominan rasa gurih yang dipadukan dengan sedikit rasa pedas dan manis. Nah, untuk saya Mangut Lele Bu Is ini benar-benar berhasil menyajikan kekayaan rasa tersebut dengan sangat pas. Semua bumbu teracik dengan sempurna sehingga memberikan kualitas masakan yang patut diacungi dua jempol.

Ngga heran kalau saya pun terus-terusan mengunjungi rumah makan ini. Kelezatannya benar-benar bikin ketagihan siapapun yang mencicipinya. Untuk urusan harga, saya pikir menu selezat ini tidak terlalu mahal. Satu porsi nasi yang berukuran besar, dua mangut lele, dan satu es jeruk memakan biaya tidak lebih dari Rp. 20.000. Cukup murah untuk sebuah menu yang terbilang luar biasa ini.

Buat toko online cuma 20 detik! Hanya Rp 99ribu/bulan. Coba sekarang GRATIS 15 hari. Kunjungi Jejualan Jasa Pembuatan Toko Online.

Mangut Lele Bu Is, Mangut yang Bikin Ketagihan

(Dito/DISKON.com)


Tags : Kuliner, Jogja, Mangut Lele


Komentari kuliner ini


© 2013 MakanJogja.com | Wisata Kuliner Jogja | Kontak Tim Makanjogja | hosted by IDwebhost Page loaded in 0.2013 second.