Wisata Kuliner Jogja

Wisata Kuliner Jogja

Berburu Kuliner di Pasar Kranggan #3: Capcay, Bakmi, dan Sepotong Rendang Ayam

Berburu Kuliner di Pasar Kranggan #3: Capcay, Bakmi, dan Sepotong Rendang Ayam Jogja

Sebelum saya memutuskan untuk bertualang di Pasar Kranggan, Jogja, saya sudah mencari beberapa info tentang tempat-tempat yang harus saya kunjungi. Meski kebanyakan adalah tempat jajanan, ada satu tempat makan besar yang beberapa kali disebut oleh beberapa teman saya. Nah, tempat tersebutlah yang menjadi jujugan saya berikutnya, seorang ibu-ibu yang menjajakan menu capcay, bakmi, dan rendang ayam.

Menemukan si ibu ini rupanya tidak sesulit dugaan saya karena di depan dagangannya telah berkumpul banyak pengunjung yang siap membungkus menu-menu yang dijajakannya. Di hadapan si ibu penjual memang terdapat berbagai lauk pauk namun saya memutuskan untuk tetap fokus memesan tiga menu tersebut, capcay, bakmi, dan rendang ayam. Setelah tiba giliran saya, saya pun memesan capcay sejumlah Rp. 5.000, bakmi sejumlah Rp. 5.000, dan dua potong ayam bumbu rendang. Di tempat ini, menu capcay, bakmi, maupun sayur dapat dibeli sesuai kebutuhan, bukan per porsi.

Setelah membeli, saya pun bergegas mencari tempat untuk menikmati ketiga menu ini. Menu capcay dan bakminya terlihat begitu ndeso dan polos. Bakminya hanya disajikan bersama sedikit kobis dan sawi sedangkan capcay-nya pun hanya terdiri dari kekkian (yang terbuat dari tepung dan kaldu), kubis, dan seledri. Rasa gurihnya yang mantap memberi rasa pada menu sederhana ini. Untuk menu capcay, kekkian-nya yang terasa lembut dengan rasa gurih serta aroma seledri yang mewangi berhasil langsung membuat nafsu makan saya bertambah. Ndeso, polos, dan sederhana namun sangat memikat. Ayam rendangnya menjadi puncak kelezatan dari santap pagi saya kali ini. Rendanga ayam ini dimasak dengan cara Jawa, yang berarti memasukkan karakter rasa manis ke dalam menu ini. Perpaduan rasa manis, pedas, dan gurihnya terasa begitu seimbang. Hal yang membuat menu ini semakin menggugah selera makan saya adalah bumbunya yang merasuk ke dalam setiap bagian ayamnya, membuat kelezatan rasa yang dihadirkan merata.

Meski Pasar Kranggan lebih dikenal dengan pusat jajanan namun menu capcay, bakmi, dan rendang ayam yang baru saja saya cicipi ini juara banget. Ngga bakal nyangka menemukan menu sederhana selezat ini di Pasar Kranggan yang sebenarnya tidak dikenal sebagai pusat makanan seperti Pasar Patuk.

 

Capcay, Bakmi, dan Rendang Ayam

Pasar Kranggan (barat pintu utama pasar bagian luar), Jl. Diponegoro, Jogja

07.00 – 10.00 WIB

Buat toko online cuma 20 detik! Hanya Rp 99ribu/bulan. Coba sekarang GRATIS 15 hari. Kunjungi Jejualan Jasa Pembuatan Toko Online.

Berburu Kuliner di Pasar Kranggan #3: Capcay, Bakmi, dan Sepotong Rendang Ayam

(Dito/DISKON.com)


Lokasi:

Alamat :Pasar Kranggan (barat pintu utama pasar bagian luar), Jl. Diponegoro, Jogja



Jam Operasional : 07.00 10.00 WIB

Latitude: Longitude:

Tags : Kuliner, Jogja, Pasar, Pasar Kranggan, Capcay, Bakmi, Rendang, Rendang Ayam


Komentari kuliner ini


© 2013 MakanJogja.com | Wisata Kuliner Jogja | Kontak Tim Makanjogja | hosted by IDwebhost Page loaded in 0.0655 second.