Wisata Kuliner Jogja

Wisata Kuliner Jogja

Berburu Kuliner di Pasar Kranggan #2: Semua Jajanan ada di Maden

Berburu Kuliner di Pasar Kranggan #2: Semua Jajanan ada di Maden Jogja

Seperti yang sudah saya sebut sebelumnya, Pasar Kranggan lebih dikenal sebagai pusat jajanan ketimbang sebagai pusat kuliner. Jajan pasar dijajakan di sepanjang bagian depan pasar ini. Diantara banyaknya penjaja jajanan di pasar ini, ada satu gerai yang menurut saya memang sangat terkenal dan menjadi jujugan ketika harus mencari jajanan, yaitu Maden.

Toko yang terbilang cukup besar di komplek pasar ini sudah sangat terkenal di Jogja. Pelanggannya pun datang dari berbagai wilayah di Jogja. Tak jarang saya mendengar beberapa keluarga yang kebetulan berada cukup jauh dari lokasi pasar ini rela datang hanya untuk membeli jajanan di Maden sebagai sajian rapat, arisan, pengajian, ataupun acara lain. Rasanya yang lezat dan harganya yang terjangkau memang menjadi daya tarik bagi banyak orang. Saya yang kebetulan hobi ngemil dan sedang berada di Pasar Kranggan pun tak mau melewatkan kesempatan ini.

Saya langsung membeli kue amandel, ongol-ongol, lemet, talam, ledre, pie keju, pie nanas, kue sponge, dan muffin cappuccino. Cukup banyak dan bervariasi, dari jajan pasar hingga yang sedikit bernuansa luar negeri. Kue amandel selalu menjadi favorit saya. Kue berisi kacang yang telah dihancurkan, manis, dan lembut ini menjadi pembuka. Ongol-ongol yang terbuat dari ketela dalam bentuk yang seperti diserut ini terasa ngga kalah lezat. Manisnya gula Jawa, rasa khas dari ketela, dan gurihnya parutan kelapa terasa begitu pas dan akrab di lidah saya. Lemet jagung menjadi camilan berikutnya. Rasa manis jagung dan sedikit gurih berpadu dalam tekstur yang empuk menciptakan rasa yang klasik nan lezat. Rasa yang serupa pun saya temukan dalam kue talamnya yang terbuat dari tepung beras. Lembut, manis, dan wangi. Ledre menutup icip-icip jajan pasar yang saya beli dari Maden. Rasa dan aroma pisang yang berbalut adonan seperti serabi namun penuh kelapa dan lebih keras ini terasa sederhana namun memikat.

Sedangkan camilan-camilan yang bernuansa barat pun ngga kalah menggugah selera. Tekstur dari pie keju maupun nanasnya terasa sangat jujur. Sedikit keras, sederhana, namun gurih dan sangat pas disajikan dengan keju yang gurih ataupun nanas yang manis. Kue sponge dan muffin cappuccino-nya memiliki tekstur kelembutan yang seolah membelai lidah dan sangat memanjakan. Rasa cappuccino yang mantap membuat aroma kopi ini memenuhi setiap gigitan muffin-nya. Lezat. Untuk saya, kedua jenis jajanan yang saya beli di Pasar Kranggan ini berhasil membuktikan jika Maden memang juaranya segala jenis jajanan basah.

 

Maden

Pasar Kranggan, Jl. Diponegoro, Jogja

07.00 – 14.00 WIB

Buat toko online cuma 20 detik! Hanya Rp 99ribu/bulan. Coba sekarang GRATIS 15 hari. Kunjungi Jejualan Jasa Pembuatan Toko Online.

Berburu Kuliner di Pasar Kranggan #2: Semua Jajanan ada di Maden

(Dito/DISKON.com)


Lokasi:

Alamat :Pasar Kranggan, Jl. Diponegoro, Jogja



Jam Operasional : 07.00 14.00 WIB

Latitude: Longitude:

Tags : Berburu Kuliner di Pasar Kranggan #2: Semua Jajanan ada di Maden


Komentari kuliner ini


© 2013 MakanJogja.com | Wisata Kuliner Jogja | Kontak Tim Makanjogja | hosted by IDwebhost Page loaded in 0.0627 second.