Wisata Kuliner Jogja

Wisata Kuliner Jogja

Berburu Kuliner di Pasar Kranggan #1: Mencicipi Keunikan Jenang Upih dan Jadah Koro

Berburu Kuliner di Pasar Kranggan #1: Mencicipi Keunikan Jenang Upih dan Jadah Koro Jogja

Akhir-akhir ini, saya memiliki ketertarikan untuk melakukan perburuan kuliner di dalam pasar. Setelah sebelumnya saya berhasil menjelajahi setiap sudut Pasar Patuk, kini giliran Pasar Kranggan menjadi arena perburuan saya.

Berbeda dengan Pasar Patuk yang memang terkenal karena berbagai menu sarapan yang lezat, Pasar Kranggan konon lebih dikenal sebagai pusat jajanan. Untuk membuktikan hal tersebut, saya pun memulai penjelajahan saya di pasar ini. Saya memulainya dengan mengunjungi seorang penjaja jenang yang berada tak jauh dari pintu masuk utama Pasar Kranggan. Simbah yang berjualan ini memang tak tampak berbeda dari simbah-simbah lainnya. Secara dagangan pun sebenarnya tak terlihat mencuri perhatian namun berhubung saya sudah mendapatkan info sebelumnya, maka saya dapat mengenali simbah penjaja jenang tersebut.

Hanya dua jenis camilan yang ditawarkan olehnya, yaitu jenang upih dan jadah koro. Saya pun membeli kedua makanan tersebut dan segera mencoba mencicipinya. Saya memulainya dari jenang upih-nya terlebih dahulu. Jenang upih ini terbuat dari tepung beras. Secara tekstur dan rasa, jenang ini mengingatkan saya pada jenang sum-sum namun tidak menggunakan kuah gula Jawa dan berbentuk padat. Rasanya hambar, sedikit gurih, dan memiliki aroma wangi yang unik karena dalam proses pembuatannya, jenang ini dibungkus oleh pelepah pinang. Aromatik dan unik. Cukup menarik karena sebelumnya saya belum pernah mencicipi jenang semacam ini. Berikutnya, jadah koro menjadi santapan saya. Jadah koro ini tak berbeda dari jadah yang umumnya ditemukan di kawasan Kaliurang, Jogja. Secara rasa, jadah ini berbeda karena selain ketan dan kelapa parut, jadah ini juga diracik dengan potongan kacang koro. Kehadiran kacang koro ini memberi rasa segar dan aroma yang khas dari kacang koro, yang membuat jadah ini terasa lebih ringan. Cara menyantapnya pun sama, bisa disantap dengan tahu-tempe bacem.

Perjumpaan saya dengan penjaja jenang ini cukup mengesankan karena memang jenag upih dan jadah koro ini terasa unik. Selain itu, menu camilan ini berhasil memberi saya pengalaman yang baru, khususnya dalam hal menyantap jenang maupun jadah. Menu yang secara sehari-hari sudah dekat dengan kehidupan saya.

 

Jenang Upih Jadah Koro

Pasar Kranggan, Jl. Diponegoro, Jogja

07.00 – 10.00 WIB

Buat toko online cuma 20 detik! Hanya Rp 99ribu/bulan. Coba sekarang GRATIS 15 hari. Kunjungi Jejualan Jasa Pembuatan Toko Online.

Berburu Kuliner di Pasar Kranggan #1: Mencicipi Keunikan Jenang Upih dan Jadah Koro

(Dito/DISKON.com)


Lokasi:

Alamat :Pasar Kranggan, Jl. Diponegoro, Jogja



Jam Operasional : 07.00 10.00 WIB

Latitude: Longitude:

Tags : Kuliner, Jogja, Jenang, Jenang Upih, Jadah, Jadah Koro


Komentari kuliner ini


© 2013 MakanJogja.com | Wisata Kuliner Jogja | Kontak Tim Makanjogja | hosted by IDwebhost Page loaded in 0.0722 second.