Wisata Kuliner Jogja

Wisata Kuliner Jogja

Home » Cafe

Perpaduan Kopi Susu dan Donat ala Mata Kopian

Perpaduan Kopi Susu dan Donat ala Mata Kopian Jogja

Demam es kopi susu atau yang biasa disingkat menjadi eskosu belum mereda. Nyaris setiap gerai kopi yang ada di Jogja selalu memiliki menu eskosu andalan mereka. Bahkan, beberapa gerai kopi memang hanya menjajakan menu tersebut dengan berbagai pilihan rasa, tanpa menghadirkan menu kopi hitam.

Mata Kopian adalah salah satu gerai kopi baru yang turut meramaikan demam eskosu di Jogja. Meski gerai ini tak hanya menyajikan menu kopi susu namun dalam foto-foto es kopi susu cukup mendominasi di akun media sosial mereka. Dari foto-foto tersebut pula lah saya tergoda untuk mencicipi menu-menu kopi racikan dari gerai ini. Berhubung lokasinya cukup jauh, di Jl. Imogiri Timur KM. 5, Jogja, dan saya kebetulan sedang mager di tengah kota Jogja, saya pun memutuskan untuk memesannya via jasa layan pesan antar. Hanya dengan menunggu tak lebih dari satu jam, pesanan-pesanan saya telah tiba di lokasi saya berada saat itu.

Berhubung saya sedang berada di rumah teman, saya memesan beberapa menu sekaligus, yaitu eskosu, cappuccino, dan Vietnamese drip. Tak lupa saya memesan dua donat coklat sebagai teman meminum kopi kali ini. Saya sengaja untuk memesan tiga jenis kopi susu dengan tiga metode pembuatan yang berbeda. Menurut saya, tiga jenis ini adalah tiga jenis yang sempat saya gemari sejak jaman awal kuliah. Saya memulainya dari Vietnamese drip, yang memadukan kopi hitam yang disajikan dengan condensed milk. Sederhana namun rasa yang memikat. Perpaduan rasa manis dari dan sedikit creamy dari susu kental manisnya melembutkan cita rasa kopi hitamnya yang mantap. Rasa ini berbeda dengan cappuccino yang menghadirkan kelembutan lebih dengan kehadiran foam dari susu namun tidak mendistraksi rasa kopi maupun susu dengan rasa manis, yang kemudian perpaduan rasa kopi dan susunya terasa pas dan seimbang. Terakhir, eskosu, yang secara metode penyajian sebenarnya terbilang klasik namun justru memadukan kopi, susu, condensed milk, dan gula merah di saat yang sama. Semuanya diracik bersama sehingga menghadirkan rasa kopi susu yang milky, creamy, dan manis. Perpaduan rasa ini memang sangat pas jika disajikan bersama es batu yang membuatnya dingin dan menyegarkan. Menu yang pas untuk menghadapi hawa tropis yang panas dan terkadang lembab.

Secara racikan minuman berbahan dasar kopi dan susu, Mata Kopian terbukti cukup menjanjikan dan memuaskan. Sayang sekali saya belum berhasil mampir ke gerainya secara langsung, yang jika dilihat dari foto-fotonya terlihat nyaman dan seru untuk nongkrong. Mungkin lain waktu, saya akan menyempatkan diri mampir langsung ke gerainya.

 

Mata Kopian

Jl. Imogiri Timur KM. 5, Jogja

10.00

Buat toko online cuma 20 detik! Hanya Rp 99ribu/bulan. Coba sekarang GRATIS 15 hari. Kunjungi Jejualan Jasa Pembuatan Toko Online.

Perpaduan Kopi Susu dan Donat ala Mata Kopian

(Dito/DISKON.com)


Lokasi:

Nama Resto : Mata Kopian

Alamat :Jl. Imogiri Timur KM. 5, Jogja



Harga Per Porsi makan dan minum : Rp 20.000,-

Jam Operasional : 14.00 22.00 WIB

Rating :

Latitude: Longitude:

Tags : Kuliner, Jogja, Kopi, Coffee, Nongkrong, Es kopi susu, single origin


Komentari kuliner ini


© 2013 MakanJogja.com | Wisata Kuliner Jogja | Kontak Tim Makanjogja | hosted by IDwebhost Page loaded in 0.0556 second.