Wisata Kuliner Jogja

Wisata Kuliner Jogja

Home » Cafe

Ayam 3 Berku, Ayam Bacem Lezat yang Siap Membuat Ketagihan

Ayam 3 Berku, Ayam Bacem Lezat yang Siap Membuat Ketagihan Jogja

Bicara menu ayam, sepertinya tak ada habisnya. Setiap hari, ada saja referensi baru seputar tempat makan yang menyajikan menu ayam. Salah satu yang baru-baru ini saya kunjungi adalah Ayam 3 Berku yang terletak di utara Kebun Binatang Gembira Loka.

Sebenarnya tempat ini bukan tempat baru buat saya. Saya sudah beberapa kali mengunjungi rumah makan ini, baik bersama teman maupun keluarga. Kali ini, setelah hampir satu tahun tidak mengunjunginya saya kembali datang. Setibanya di lokasi, saya langsung saja memesan satu porsi ayam panggang, sate usus, dan tempe. Yup, ketiga menu ini memang bisa dibilang favorit saya di rumah makan ini. Selain favorit karena rasanya, menu ini juga terbilang bersahabat dengan kantong. Satu porsi ayam panggang plus nasi hanya sekitar Rp. 15.000. Sedangkan menu sate usus dan tempenya tak lebih dari Rp. 6.500 per porsi.

Meski harus mengantri, menu-menu yang sudah saya pesan ini sangat layak untuk ditunggu. Akhirnya penantian pun berakhir juga, ketiga menu pesanan saya datang juga. Tanpa menunggu lebih lama, saya pun langsung menyantap ayamnya. Rasa bacemnya yang manis berpadu dengan rasa areh dari santan kelapa yang gurih. Kelezatannya merasuk hingga ke dalam. Konon katanya cara memasak ini adalah khas gaya memasak dari Klaten. Meski banyak tempat-tempat makan lain yang juga menyajikan menu ayam bacem tapi menu ayam di Ayam 3 Berku ini dijamin beda.

Untuk menu ususnya pun dimasak dengan cara yang sama. Yang membuatnya berbeda dari menu ayamnya adalah karakter rasa serta tekstur dari usus. Teksturnya yang kenyal namun lembut membuat bumbu-bumbunya merasuk dengan sangat sempurna. Tingkat kematangannya yang sempurna menambah kelezatan dalam menyantap menu ini. Menu terakhir yang tak kalah istimewa adalah tempenya. Sedikit berbeda dengan kedua menu sebelumnya, rasa dari tempe ini terbilang lebih manis. Dengan waktu memasak yang tepat, tekstur kedelai dari tempe ini terasa tak terlalu lembek maupun keras.

Dengan tingkat kelezatan yang stabil antar menu, tak heran jika rumah makan ini sangat digemari. Meski tak sepopuler beberapa rumah makan lain yang menjajakan menu ayam goreng, Ayam 3 Berku ini memiliki banyak fans yang selalu datang dan bersantap ayam gorengnya, tak terkecuali saya.

Buat toko online cuma 20 detik! Hanya Rp 99ribu/bulan. Coba sekarang GRATIS 15 hari. Kunjungi Jejualan Jasa Pembuatan Toko Online.

(Dito/DISKON.com)


Tags : Kuliner, Jogja, Ayam Goreng, Bacem


Komentari kuliner ini


© 2013 MakanJogja.com | Wisata Kuliner Jogja | Kontak Tim Makanjogja | hosted by IDwebhost Page loaded in 0.0943 second.