Wisata Kuliner Jogja

Wisata Kuliner Jogja

Berburu Kuliner di Kuncen #1: Soto Kwali

Berburu Kuliner di Kuncen #1: Soto Kwali Jogja

Daerah Pakuncen bukanlah daerah yang masuk ke dalam arus lalu lintas harian saya. Sangat jarang saya melintasi ruas jalan ini namun seminggu ini saya harus berada di kawasan ini untuk menyelesaikan beberapa pekerjaan. Untuk itu, hal yang langsung saya lakukan adalah mencari informasi mengenai tempat makan yang dapat diandalkan dari daerah ini.

Perburuan informasi ini membawa saya kepada sebuah warung soto bernama Soto Kwali Kuncen yang terletak di selatan Makam Kuncen. Warungnya memang tampak gelap namun kwali yang terpajang di depan warung ini mengeluarkan asap yang cukup menarik perhatian. Saya pun memutuskan untuk mencicipi soto racikan warung ini. Setibanya saya di dalam warung, saya melihat ada dua pasang pengunjung yag tampak sedang menikmati santap pagi mereka. Selain itu, beberapa orang tampak datang dan pergi membeli soto namun untuk dimakan di rumah. Setelah duduk, saya pun memesan satu porsi soto sebagai menu santap pagi saya yang sedikit kesiangan.

Dengan sigap, ibu penjual pun meracik soto saya. Dari kejauhan, tampak kepulan asap menyelimuti si ibu penjual ketika dia membuka kwalinya. Tak lama kemudian, semangkuk soto hadir di meja saya. Soto ini bisa dibilang tidak identik dengan soto dari daerah manapun. Soto berkuah coklat muda ini memang cukup banyak ditemui di Jogja namun tidak memiliki ikatan sejarah dengan beberapa soto dari daerah lain. Semangkuk soto ini terdiri dari daging sapi, tauge, dan sedikit kubis. Secara rasa, soto ini memiliki kuah yang gurih mantap, dan menyegarkan. Selain itu, ada sedikit sentuhan rasa manis di dalam kuah ini, yang membuat kuah ini semakin kaya akan rasa. Potongan daging sapinya yang lembut pun menambah kelezatan dari menu soto ini. Meski tak terlalu istimewa namun rasa dari soto ini terbilang memuaskan dan akrab dengan lidah saya.

Selama saya bersantap soto di gerai ini, beberapa tamu silih berganti mengisi warung mungil ini. Sepertinya, rasa soto ini cukup dikenal oleh warga sekitar sini, dan tentunya cukup digemari karena rasanya yang cukup menjanjikan.

 

Soto Kwali

Jl. HOS Cokroaminoto (Selatan makam Kuncen), Jogja

07.00 – 12.00 WIB

Buat toko online cuma 20 detik! Hanya Rp 99ribu/bulan. Coba sekarang GRATIS 15 hari. Kunjungi Jejualan Jasa Pembuatan Toko Online.

Berburu Kuliner di Kuncen #1: Soto Kwali

(Dito/DISKON.com)


Lokasi:

Nama Resto : Soto Kwali Kuncen

Alamat :Jl. HOS Cokroaminoto (Selatan makam Kuncen), Jogja



Harga Per Porsi makan dan minum : Rp 10.000,-

Jam Operasional : 07.00 12.00 WIB

Rating :

Latitude: Longitude:

Tags : Kuliner, Soto, Soto Daging, Soto Kwali


Komentari kuliner ini


© 2013 MakanJogja.com | Wisata Kuliner Jogja | Kontak Tim Makanjogja | hosted by IDwebhost Page loaded in 0.0547 second.