Wisata Kuliner Jogja

Wisata Kuliner Jogja

Home » Resto

Dapur Sop Empal Muntilan, Kelezatan Khas Muntilan di Jantung Kota Jogja

Dapur Sop Empal Muntilan, Kelezatan Khas Muntilan di Jantung Kota Jogja Jogja

Meski sebelumnya saya sempat berlibur ke kota tetangga Muntilan, dan kemudian mencicipi beberapa kuliner di kota tersebut, saya sengaja untuk melewatkan bersantap sop empal yang menjadi hidangan khas kota tersebut. So empal di Muntilan sendiri sudah beberapa kali saya cicipi, dan memang terbukti memiliki rasa yang istimewa namun justru karena saya telah mencicipinya beberapa kali tersebut, saya memutuskan untuk tak singgah di gerainya pada liburan beberapa waktu yang lalu.

Saya sudah menghindarinya ketika liburan namun rupanya takdir berhasil mempertemukan saya dengan menu khas Muntilan tersebut di kota Jogja. Meski bukan gerai yang sama namun gerai bernama Dapur Sop Empal Muntilan yang erlokasi di Jl. A. M. Sangaji, Jogja ini konon menyajikan menu sop empal yang sama lezatnya. Pertemuan saya dengan gerai ini pun tak sengaja karena kebetulan seorang teman ingin bersantap sesuatu yang segar. Ketika kami sedang berselancar di internet, kami bertemu gerai ini, dan kemudian memutuskan untuk mengunjunginya ketika jam makan siang telah tiba. Akhirnya jam yang kami nanti pun tiba, dan kami berdua pun berkendara motor mengarah ke gerai tersebut berada. Sekitar 10 menit kemudian kami pun tiba di lokasi yang telah dipenuhi pengunjung tersebut.

Kami duduk dan memutuskan untuk segera memesan sebelum antrian semakin panjang seiring berdatangannya pengunjung lain yang juga ingin bersantap siang. Saya memesan Pecel Empal, sedangkan teman saya memesan sop empal, serta tak lupa seporsi wedang kacang. Menu minuman ini konon juga populer dan merupakan sajian khas dari Muntilan dan Magelang. Setelah menunggu beberapa saat, ketiga menu pesanan kami pun muncul, dan kami pun segera bersantap. Saya sengaja mencicipi menu sop pesanan teman saya tersebut. Rasa gurih kuahnya berpadu dengan kesegaran bihun dan kobisnya yang menjadi isian dari sop ini. Rasa ini menjadi sangat pas ketika disantap dengan empalnya yang lembut, gurih-manis, serta dipadukan dengan sambalnya yang sedikit pedas. Menu yang sebenarnya terbilang sederhana ini pun terasa memikat. Menu pecel empalnya pun tak kalah memikat. Rasa empal yang gurih-manis nan lembut ini berpadu dengan sayur mayur yang segar serta bumbu kacang yang gurih-pedas. Tak lupa seporsi telur mata sapi turut hadir dan memperkaya rasa dari menu pecel empal ini. Terakhir namun tak kalah memikat adalah wedang kacangnya yang manis, sedikit gurih, dan hangat. Tekstur kacangnya yang sangat lembut, serta rasa kacangnya yang unik membuat menu wedang ini terasa cukup memikat.

Pertemuan yang bermula dari internet ini cukup mengobati rasa kangen saya pada menu sop empal. Meski liburan yang lalu sempat menghindari menu ini namun rupanya saya cukup kepikiran dan menginginkan menu tersebut. Untunglah saya bertemu dengan Dapur Sop Empal Muntilan ini.

 

Dapur Sop Empal Muntilan

10.00 – 22.00 WIB

Jl. A. M. Sangaji, Jogja

Buat toko online cuma 20 detik! Hanya Rp 99ribu/bulan. Coba sekarang GRATIS 15 hari. Kunjungi Jejualan Jasa Pembuatan Toko Online.

Dapur Sop Empal Muntilan, Kelezatan Khas Muntilan di Jantung Kota Jogja

(Dito/DISKON.com)


Lokasi:

Nama Resto : Dapur Empal Muntilan

Alamat :Jl. A. M. Sangaji, Jogja

Harga Per Porsi makan dan minum : Rp 20.000,-

Jam Operasional : 10.00 22.00 WIB

Rating :

Latitude: Longitude:

Tags : Kuliner, Jogja, Muntilan, Empal, Sop, Pecel


Komentari kuliner ini


© 2013 MakanJogja.com | Wisata Kuliner Jogja | Kontak Tim Makanjogja | hosted by IDwebhost Page loaded in 0.0699 second.