Wisata Kuliner Jogja

Wisata Kuliner Jogja

Jelajah Pasar Patuk #2: Jenang Gempol, Menu Klasik yang Mengggugah Selera

Jelajah Pasar Patuk #2: Jenang Gempol, Menu Klasik yang Mengggugah Selera Jogja

Penjelajahan saya berikutnya masih berada tak jauh dari pintu utama (barat) Pasar Patuk, jogja, yaitu Jenang Gempol Patuk. Jujur, saya tidak pernah mengetahui nama simbok penjual jenang ini namun saya sudah berulang kali mendengar keberadaan seorang simbok yang setia menjajakan jenang gempol di pasar ini. Hanya jenang gempol, tanpa varian jenang yang lain.

Jenang gempol sendiri adalah makanan klasik, menu yang biasa saya santap ketika masih kecil. Setelah sekian lama saya tidak mengkonsumsi jenang atau bubur manis, saya akhirnya kembali mencicipi jenang favorit saya ini ketika menyambangi pasar Patuk. Di dalam wadah besar aluminium, simbok penjaja jenang ini menyimpan gempol bulat yang jika dilihat sekilas menyerupai bakso. Jumlahnya yang banyak membuat saya semakin tak sabar untuk segera menikmati jenang ini. Dengan sigap, seporsi jenang gempol seharga Rp. 6.000 ini diracik.

Jenang gempol ini disajikan dengan semacam jenang sumsum namun berwarna kecoklatan. Ketika disantap, menu ini benar-benar membawa saya ke masa kanak-kanak saya. Rasa gurihnya santan, legitnya gempol, serta manis dan lembutnya sumsum gula jawa ini terasa lezat dan pas di lidah. Gempolnya yang dibuat dari tepung beras dan terasa sedikit campuran kelapa ini terasa lembut dan crumbly ketika disantap. Jenang sumsumnya yang manis dan lembut memberi varian rasa yang melengkapi satu set jenang ini menjadi kaya. Rasa sederhana ini memang sangat populer pada masanya, kini, meski sudah banyak dessert bergaya Asia yang dijajakan di Jogja, untuk saya rasa jenang tetap selalu berhasil memuaskan saya. Sederhana namun memikat.

Penjelajahan saya kali ini memang tidak mencicipi menu besar melainkan menu kecil nan sederhana, yaitu jenang gempol. Meski bukan menu besar dan cukup umum dijajakan, menu jenang gempol yang berada di Pasar Patuk ini terbilang cukup legendaris karena selain banyak orang yang merekomendasikannya pada saya, saya pun tak jarang membaca testimoni-testimoni kelezatan jenang gempol ini di media sosial maupun tulisan di buku atau media massa.

 

Jenang Gempol Pasar Patuk

Pasar Patuk (Pintu Barat Pasar Patuk), Jl. Bhayangkara, Jogja

06.30 – 10.00 WIB

Buat toko online cuma 20 detik! Hanya Rp 99ribu/bulan. Coba sekarang GRATIS 15 hari. Kunjungi Jejualan Jasa Pembuatan Toko Online.

Jelajah Pasar Patuk #2: Jenang Gempol, Menu Klasik yang Mengggugah Selera

(Dito/DISKON.com)


Lokasi:

Alamat :Pasar Patuk (Pintu Barat Pasar Patuk), Jl. Bhayangkara, Jogja



Jam Operasional : 06.30 10.00 WIB

Latitude: Longitude:

Tags : Kuliner, Jogja, Pasar, Pasar Patuk, Jenang, Gempol, Jenang Gempol


Komentari kuliner ini


© 2013 MakanJogja.com | Wisata Kuliner Jogja | Kontak Tim Makanjogja | hosted by IDwebhost Page loaded in 0.0656 second.