Wisata Kuliner Jogja

Wisata Kuliner Jogja

Sajian Menu Jawa Lezat ala Mbok Mingkem

Sajian Menu Jawa Lezat ala Mbok Mingkem Jogja

Mbok Mingkem adalah sebuah gerai yang baru saja buka di kota Jogja. Menurut informasi dari ibu saya, gerai yang berlokasi di Jl. Ringin Raya, Condong Catur Jogja ini merupakan cabang dari Jawa Timur. Ia lupa apakah dari Madiun atau Ponorogo.

Ibu saya tak sengaja mampir ke gerai ini karena memang kebetulan lokasinya sangat dekat dari rumah tinggalnya. Biasanya, jika ia menyukai tempat itu, ia akan bercerita pada saya dan kakak-kakak saya, dan tak jarang kemudian mengajak untuk bersantap di tempat tersebut. Mbok Mingkem adalah salah satu gerai yang sempat beberapa kali ia ceritakan. Sepertinya ia cukup menyukainya. Saya dan salah seorang kakak saya pun berinisiatif untuk mengajaknya kembali ke gerai tersebut. Ajakan tersebut disetujui, dan kami pun segera meluncur menuju gerai yang hanya berjarak tak lebih dari satu kilometer dari rumah orang tua kami tersebut.

Ibu saya kami persilakan untuk memilih beberapa menu yang akan kami santap malam itu. Menu nila acar, sambal tempe, sambal tahu, sambal kluwak, lele goreng, ayam gimbal, cha sawi, dan kangkung asap menjadi pilihan menu santap malam kami bertiga. Pesanan kami serahkan dan kami pun menanti datangnya menu-menu tersebut. Tanpa menunggu lama, menu tersebut keluar satu per satu. Setelah semuanya lengkap, kami pun mulai bersantap. Menu yang saya cicipi pertama adalah ayam gimbalnya, yang menurut saya memiliki penampilan unik karena ayam tersebut diselimuti kremesan yang berbentuk lingkaran. Secara rasa, menu ayam goreng ini biasa saja namun yang membuatnya istimewa adalah sambal mangganya yang manis-asam-pedas, yang memberi kekayaan rasa pada menu sederhana ini. Menu selanjutnya yang saya cicipi adalah nila acarnya yang disajikan dengan kuah kuning. Rasa asam dan gurihnya berpadu dengan seimbang, dan terasa begitu pas di mulut. Untuk saya, menu ini cukup mengingatkan saya pada menu serupa yang biasa dimasak oleh ibu saya ketika saya masih kecil. Menu sayurnya, khususnya kangkung asapnya benar-benar menggugah selera. Rasa segar berpadu aroma asapnya terasa begitu memikat. Teksturnya yang cukup lembut pun menambah kelezatan menu sayur ini. Salah satu yang cukup spesial dari gerai ini adalah menu sambal-sambalnya yang bervariasi, mantap, dan bikin nagih.

Meski pesanan kami terbilang cukup banyak namun semuanya habis di tangan kami bertiga. Menu-menu sederhana racikan gerai ini terbukti menggugah selera dan jenis menu yang memicu saya untuk menambah nasi dua kali. Sederhana, dan lezat dengan harga yang cukup bersahabat.

 

Mbok Mingkem

Jl. Ringin Raya, Condong Catur, Jogja

10.00 – 22.00 WIB

Buat toko online cuma 20 detik! Hanya Rp 99ribu/bulan. Coba sekarang GRATIS 15 hari. Kunjungi Jejualan Jasa Pembuatan Toko Online.

Sajian Menu Jawa Lezat ala Mbok Mingkem

(Dito/DISKON.com)


Lokasi:

Nama Resto : Mbok Mingkem

Alamat :Jl. Ringin Raya, Condong Catur, Jogja



Harga Per Porsi makan dan minum : Rp 25.000,-

Jam Operasional : 10.00 22.00 WIB

Rating :

Latitude: Longitude:

Tags : Kuliner, Jogja, Nila Acar, Kangkung Asap


Komentari kuliner ini


© 2013 MakanJogja.com | Wisata Kuliner Jogja | Kontak Tim Makanjogja | hosted by IDwebhost Page loaded in 0.0611 second.