Wisata Kuliner Jogja

Wisata Kuliner Jogja

Soto Sedap Malam, Semangkuk Soto Tauco Segar nan Unik Khas Tegal

Soto Sedap Malam, Semangkuk Soto Tauco Segar nan Unik Khas Tegal Jogja

Selama ini, saya merasa sudah mencicipi banyak sekali soto. Soto dari berbagai daerah mulai dari Padang, Medan, Betawi, Bandung, Lamongan, Madura, dan Semarang sudah pernah saya cicipi. Nah, baru-baru ini saya cukup terkejut karena menliha sebuah soto yang berasal dari daerah yang belum pernah saya cicipi, yaitu soto Tegal.

Warung soto bernama Sedap Malam ini langsung membuat saya penasaran. Di depan gerainya tertulis jika soto khas Tegal ini juga disebut dengan nama soto tauco. Hal ini pun semakin membuat saya penasaran. Karena tak ingin rasa penasaran ini berkelanjutan, saya pun memutuskan untuk mampir di gerainya yang terletak di Jl. Kaliurang, Jogja atau tepatnya sekitar 200 meter utara perempatan Jl. Kaliurang – Selokan Mataram. Warungnya yang berwarna kehijauan dan presisi secara bentuk maupun color palette membuat saya merasa terpuaskan secara visual. Saya pun langsung menuju kasir dimana pelanggan yang datang dapat memesan menu. Saya memesan seporsi soto ayam dengan ketupat sebagai santap siang saya.

Setelah memesan, saya pun duduk di salah satu meja yang secara visual sangat menarik. Di meja ini, disediakan berbagai lauk pendamping seperti tahu bakso, sate telur puyuh, sate ati, tempe mendoan, dan berbagai jenis kerupuk. Hanya dengan melihat berbagai lauk pendampingnya, nafsu makan saya pun langsung bertambah. Tak lama kemudian semangkuk soto ayam pesanan saya hadir di hadapan saya. Secara penampilan tak ada yang istimewa dari menu soto ini. Sekilas tercium aroma yang berbeda, yang muncul dari penggunaan bahan tauco. Tauco. Tauco yang terbuat dari fermentasi kacang kedelai memang menghadirkan aroma yang cukup menyengat. Penggunaan tauco pada soto ini rupanya terbilang pas. Aromanya yang tak terlalu kuat berhasil memberi sentuhan rasa menggelitik di hidung ketika disantap. Rasa tauconya yang sedikit asam menghadirkan kekayaan rasa pada menu soto ayamnya yang segar. Tauge yang menjadi bagian dari isian soto ini berhasil mempertegas kesegaran dari rasa soto ini. Keunikan lain dari menu ini adalah kehadiran lontong sebagai pengganti nasi. Secara keseluruhan, rasa soto khas Tegal ini benar-benar unik dan memikat.

Setelah menyantap soto tauco ini, saya sangat terpuaskan. Meski tauco sendiri bukan merupakan bumbu yang akrab di lidah saya namun kehadirannya terbukti dapat memberikan sensasi baru dan berbeda dalam bersantap soto. Dengan rasa yang lezat, harga yang terjangkau dan visual ruang warungnya yang menarik, warung ini memang wajib untuk dikunjungi.

 

Warung Soto Khas Tegal Sedap Malam

Jl. Kaliurang, (sekitar 200 meter utara perempatan Jl. Kaliurang – Selokan Mataram), Jogja

10.00 – 20.00 WIB

Buat toko online cuma 20 detik! Hanya Rp 99ribu/bulan. Coba sekarang GRATIS 15 hari. Kunjungi Jejualan Jasa Pembuatan Toko Online.

Soto Sedap Malam, Semangkuk Soto Tauco Segar nan Unik Khas Tegal

(Dito/DISKON.com)


Lokasi:

Nama Resto : Soto Sedap Malam

Alamat :Jl. Kaliurang, (sekitar 200 meter utara perempatan Jl. Kaliurang Selokan Mataram), Jogja



Harga Per Porsi makan dan minum : Rp 9.000,-

Jam Operasional : 10.00 20.00 WIB

Rating :

Latitude: Longitude:

Tags : Kuliner, Jogja, Tegal, Soto, Soto Tauco


Komentari kuliner ini


© 2013 MakanJogja.com | Wisata Kuliner Jogja | Kontak Tim Makanjogja | hosted by IDwebhost Page loaded in 0.1400 second.