Wisata Kuliner Jogja

Wisata Kuliner Jogja

Home » Resto

Tengkleng Bhenjoyo, Kelezatan Cita Rasa Khas dari Solo

Tengkleng Bhenjoyo, Kelezatan Cita Rasa Khas dari Solo Jogja

Keragaman kuliner di Jogja rasanya sudah tidak diragukan lagi. Berbagai rasa ada di Jogja, dan salah satunya adalah cita rasa khas kota Solo yang tersaji dalam masakan bernama tengkleng. Nah, baru-baru ini saya menemukan sebuah warung tengkleng yang cukup ramai dan populer di Jogja, yaitu Tengkleng Bhenjoyo yang terletak di Jl, Parangtritis (100 meter selatan perempatan Jl. Parangtritis atau Pojok Benteng Wetan).

Sebenarnya warung ini diperkenalkan oleh teman saya yang sudah menjadi pelanggan setia warung ini, dan kali ini saya berkesempatan untuk mencicipinya bersama teman saya tersebut. Tepat jam 19.00 WIB, saya sudah mengantri di depan penjualnya sembari memilih bagian-bagian dari kambing yang akan saya santap sebagai isian dari kuahnya. Proses ini sedikit mengingatkan saya pada warung-warung sop kaki kambing yang juga mengedepankan self-service dari pelanggannya.

Tengkleng sendiri sebenarnya adalah sejenis masakan yang memiliki kemiripan dengan gulai, hanya saja tengkleng bisa dibilang minim atau bahkan tanpa penggunaan santan. Hmmm, dari aroma yang menyebar warung ini, rasanya sudah tidak sabar untuk segera menyantapnya.  Dan penantian saya pun tak berlangsung lama, satu mangkuk tengkleng panas datang dan tersaji di hadapan saya. Hanya dari mencium aroma rempahnya, saya sudah terbayang kelezatannya.

Dengan segera, saya pun menyeruput kuahnya yang tampak bening kecoklatan. Rasa gurih, pedas, dan rempah-rempahnya bercampur dengan sangat lezat. Selain itu, kuahnya pun terasa ringan dan menyegarkan, hal ini berbeda dengan menu gulai atau sop kaki kambing yang biasanya terasa cukup berat. Sensasi kehangatan langsung dapat saya rasakan dalam suapan pertama tersebut. Isian yang sebelumnya telah saya pilih berupa potongan daging dan jeroan pun seolah memberi kekayaan tekstur dan rasa ketika menyantapnya. Benar-benar lezat.

Meski terbilang belum terlalu populer, namun kelezatan rasa yang ditawarkan oleh warung Tengkleng Kambing Bhenjoyo ini bisa dipastikan segera dikenal diantara pecinta kuliner.

Buat toko online cuma 20 detik! Hanya Rp 99ribu/bulan. Coba sekarang GRATIS 15 hari. Kunjungi Jejualan Jasa Pembuatan Toko Online.

(Dito/DISKON.com)


Tags : Kuliner, Jogja, Tengkleng


Komentari kuliner ini


© 2013 MakanJogja.com | Wisata Kuliner Jogja | Kontak Tim Makanjogja | hosted by IDwebhost Page loaded in 0.2390 second.