Wisata Kuliner Jogja

Wisata Kuliner Jogja

Home » Resto

Ayam Goreng Mbok Berek, Kelezatan dibalik Kesederhanannya

Ayam Goreng Mbok Berek, Kelezatan dibalik Kesederhanannya Jogja

Popularitas menu Ayam Kalasan sudah begitu terkenal. Kalasan, daerah yang terletak di sisi timur Jogja ini sudah begitu dikenal sebagai salah satu daerah yang memunculkan gaya khas dalam mengolah ayam. Dan diantara banyaknya penjaja ayam jenis ini, tentunya kita tidak bisa melupakan Mbok Berek. Salah satu legenda penjaja ayam goreng dari Kalasan.

Karena kebetulan sedang berada di kawasan, Kalasan, saya pun menyempatkan untuk menyambangi rumah makan yang terletak  sekitar satu kilometer sebelum Candi Prambanan dari arah jogja. Warung ini berdampingan dengan sebuah Masjid yang cukup mencuri perhatian karena bentuk dan warnanya yang mengingatkan saya pada bangunan-bangunan khas Rusia.

Sesampainya di tempat, saya pun segera memesan satu porsi ayam bagian paha, lengkap dengan lalapan dan sambalnya. Berhubung siang itu tidak terlalu ramai pengunjung, saya pun dapat dengan segera mendapatkan pesanan saya. Jika dilihat, bentuk ayam ini terbilang sangat biasa. Yang membedakan adalah kremesan yang tampak menyelimuti ayam tersebut. Tapi siapa sangka kalau kesederhanaan bentuk ini menyimpan cita rasa yang luar biasa.

Saya pun mulai menyantap kremesan-nya terlebih dahulu. Sensasi crispy dan rasanya yang gurih serta lezat benar-benar menambah nafsu makan saya. Saya pun lantas mencoba ayam gorengnya yang ternyata begitu lezat. Cara memasaknya yang begitu sederhana tersebut nampaknya berhasil menciptakan cita rasa yang begitu lezat. Tekstur ayam goreng kampung ini terasa begitu lembut dan matang dengan sempurna.

Semua kelezatan ini bertambah lengkap dengan kehadiran sambalnya yang memiliki campuran rasa manis dan pedas. Perpaduan rasa yang tentunya berhasil membius saya hingga ke suapan terakhir. Meski kalah terkenal dengan ayam goreng olahan dari luar negeri namun secara rasa, Ayam Goreng Mbok Berek ini jauh lebih menjanjikan.

Buat toko online cuma 20 detik! Hanya Rp 99ribu/bulan. Coba sekarang GRATIS 15 hari. Kunjungi Jejualan Jasa Pembuatan Toko Online.

(Dito/DISKON.com)


Tags : Kuliner, solo, ayam


Komentari kuliner ini


© 2013 MakanJogja.com | Wisata Kuliner Jogja | Kontak Tim Makanjogja | hosted by IDwebhost Page loaded in 0.0679 second.