Wisata Kuliner Jogja

Wisata Kuliner Jogja

Kedai Kaganangan, Pengabat Rindu Menu-Menu Khas Banjar

Kedai Kaganangan, Pengabat Rindu Menu-Menu Khas Banjar Jogja

Seorang teman yang pernah bekerja di Kalimantan tiba-tiba mengajak sya untuk mengunjungi sebuah warung bernama Kedai Kaganangan yang terletak di Jl. Kaliurang KM. 7, Jogja. Alasannya, dia merasa kangen dengan menu-menu khas Banjar, menu-menu yang kerap dia santap semasa masih bekerja di Kalimantan.

Berhubung saya penasaran, saya pun mengiyakan ajakan teman saya tersebut danmendatangi warungnya. Tepat pukul 12.00 WIB kami tiba di lokasi. Kami memesan dua menu sebagai santap siang kami, yaitu Lontong Sayur dan Nasi Kuning Komplit. Untuk ukuran harga, menu-menu di warung ini awalnya terasa mahal namun setelha melihat apa yang kami dapatkan dan ukuran makanan per porsinya, harga Rp. 50.000 untuk dua menu terbilang masuk akal. Selain kedua menu tersebut, warung ini juga menyediakan makanan bernama Sanggar Cempedak, yang cukup susah dijumpai di kota Jogja.  Nah, makanan sanggar cempedak ini pun merupakan salah satu alasan utama teman saya menginginkan bersantap di warung ini karena konon hanya warung ini yang menjajakannya.

Sanggar cempedak adalah makanan gorengan yang terbuat dari buah cempedak. Menu ini mirip menu pisang goreng namun buah yang digunakan adalah buah cempedak, yang secara sekilas mirip dengan nangka namun memiliki aroma yang lebih kuat. Menu ini istimewa karena menu ini adalah street food yang kerap ditemui di kota Banjarmasin, dan memang tidak ada yang menjajakannya di Jogja. Tak heran jika teman saya menyebut warung ini sebagai warung pelepas rindu, warung yang dapat membuatnya bertemu dengan sanggar cempedak yang kerap menjadi santapan sehari-hari selama bekerja di Banjarmasin. Menu lontong sayurnya memang terbukti lezat. Rasa gurih dan sedikit spicy dari kuahnya berpadu dengan sayur nangkanya yang lembut. Lezat dan menyegarkan. Selanjutnya, menu nasi kuning komplitnya menjadi puncak dari makan siang saya kali ini. Menu ini benar-benar komplit, disajikan dengan sambal goreng hati, ikan pedas, dan telur pedas. Meski rasa pedasnya tidak sampai membuat saya meleleh namun rasanya benar-benar mantap. Perpaduan yang lezat antara rasa pedas, manis, dan gurih. Hal ini semakin terasa lezat karena nasi kuningnya pun sudah memiliki rasa gurih dan wangi yang memikat.

Meski sebelumnya saya tak pernah memperhatikan menu-menu khas Banjar namun untuk saya menu racikan Kedai Kaganangan ini memang lezat. Saya sebagai orang Jogja pun tentu akan merindukan kelezatan menu-menu racikan warung ini. Jadi, tak heran jika warung ini dinobatkan oleh beberapa teman yang kebetulan pernah tinggal di Banjarmasin menganggap warung ini sebagai pengobat rindu atas masakan khas Banjarmasin.

 

Kedai Kaganangan

Jl. Kaliurang, KM. 7, Jogja

10.00 – 17.00 WIB

Buat toko online cuma 20 detik! Hanya Rp 99ribu/bulan. Coba sekarang GRATIS 15 hari. Kunjungi Jejualan Jasa Pembuatan Toko Online.

Kedai Kaganangan, Pengabat Rindu Menu-Menu Khas Banjar

(Dito/DISKON.com)


Lokasi:

Alamat :Jl. Kaliurang, KM. 7, Jogja



Jam Operasional : 10.00 17.00 WIB

Latitude: Longitude:

Tags : Kuliner, Jogja, Banjar, Banjarmasin, Kalimantan, Lontong Sayur, Nasi Kuning, Soto Banjar


Komentari kuliner ini


© 2013 MakanJogja.com | Wisata Kuliner Jogja | Kontak Tim Makanjogja | hosted by IDwebhost Page loaded in 0.0618 second.