Wisata Kuliner Jogja

Wisata Kuliner Jogja

Home » Cafe

Kedai Kolega, Menu-Menu Tradisional dalam Sebuah Gerai Kopi

Kedai Kolega, Menu-Menu Tradisional dalam Sebuah Gerai Kopi Jogja

Beberapa waktu yang lalu saya datang mengunjungi sebuah gedung yang disebut dengan nama Yogyatorium. Gedung ini konon katanya digagas oleh sebuah produk kaos lokal ternama yang berjaya di tahun 1990-an. Kedatangan saya yang utama ke gedung ini adalah untuk melihat sebuah pameran buku, dan tujuan kedua saya adalah mengunjungi sebuah gerai kopi yang katanya ada di dalam gedung ini.

Setelah melihat-lihat pameran, saya pun menuju ke area dimana gerai kopi tersebut berada. Gerai kopi tersebut bernama Kedai Kopi Kolega. Tak banyak yang saya ketahui tentang gerai kopi ini tapi saya mendengar dari beberapa teman jika gerai ini cukup menarik untuk dikunjungi. Gerainya berukuran cukup besar untuk sebuah gerai kopi yang berada di dalam gedung. Areanya tersambung dengan dimana pameran tesebut diadakan. Saya pun segera melihat menu-menu yang ditawarkan. Sebagian besar menu makanan yang ditawarkan terbilang cukup tradisional, dan hal ini membuat saya tertarik untuk mencobanya. Sedangkan untuk menu kopinya bisa dibilang tak jauh berbeda dari menu-menu yang ditawarkan oleh gerai-gerai kopi pada umumnya.

Saya memesan dua porsi makanan, satu besar dan satu kecil. Menu utama yang saya pesan adalah Mie Lethek, mie khas Bantul. Untuk menu makanan kecilnya saya memesan Krutella. Mie lethek ini benar-benar menggugah selera. Rasanya yang sederhana berhasil menghadirkan rasa gurih yang mantap. Balutan telurnya pun menghadirkan rasa gurih yang berlapis. Tekstur mie-nya yang chewy memberikan keunikan pada menu ini. Benar-benar memuaskan dan mengenyangkan. Lanjut, menu Krutella yang saya pesan adalah menu ketela yang direbus dengan gula hingga menghadirkan tekstur karamel. Mengingatkan saya pada menu singkong Thailand namun disajikan tanpa santan. Untuk minumannya, saya memesan satu Cold Brew Affogato, dan satu Fruit Tea. Affogato sendiri sebenarnya kurang tepat untuk dimasukkan kategori minuman namun saya memesannya sebagai menu untuk minum sekaligus hidangan penutup. Menu Fruit Tea-nya terasa menyegarkan. Teh yang diracik bersama aneka buah ini menghadirkan keragaman rasa buah, mulai dari apel, pepaya, pear, dan nanas. Semua berpadu menjadi satu. Rasa yang pas untuk mengembalikan kesegaran. Malam itu saya tutup dengan Affogato Cold Brew, yang didominasi oleh es krim vanilla, dengan rasa mantap dari kopi yang diracik dengan cara cold brew. Benar-benar lembut, benar-benar mantap.

Kedai kopi ini cukup menarik untuk dicoba, khususnya justru karena menu-menu makanan tradisionalnya yang menurut saya cukup menggugah selera. Cukup jarang juga saya bertemu gerai kopi yang memberikan highlight pada menu-menu tradisional seperti yang dilakukan Kedai Kopi Kolega.

 

Kedai Kopi Kolega

Yogyatorium, Gedung Kuning, Jogja

10.00 – 22.00 WIB

Buat toko online cuma 20 detik! Hanya Rp 99ribu/bulan. Coba sekarang GRATIS 15 hari. Kunjungi Jejualan Jasa Pembuatan Toko Online.

Kedai Kolega, Menu-Menu Tradisional dalam Sebuah Gerai Kopi

(Dito/DISKON.com)


Lokasi:

Nama Resto : Kedai Kolega

Alamat :Yogyatorium, Gedung Kuning, Jogja

10.00 22.00 WIB

Harga Per Porsi makan dan minum : Rp 25.000,-

Jam Operasional : 10.00 22.00 WIB

Rating :

Latitude: Longitude:

Tags : Kuliner, Jogja, Kopi, Coffee, Nongkrong, Mie Lethek


Komentari kuliner ini


© 2013 MakanJogja.com | Wisata Kuliner Jogja | Kontak Tim Makanjogja | hosted by IDwebhost Page loaded in 0.0766 second.