Wisata Kuliner Jogja

Wisata Kuliner Jogja

Home » Resto

Spot Populer dan Kekinian: Rumah Lama Kopi

Spot Populer dan Kekinian: Rumah Lama Kopi Jogja

Tata Ruang: Selain karakteristik bangunan yang minimalis dengan nuansa industrialis, ada bentuk lain dari pilihan tata ruang yang juga sedang populer namun biasanya diidentikan dengan warung atau rumah makan, yaitu bangunan tradisional seperti Joglo. Memang, desain tradisional awalnya banyak digunakan untuk rumah makan namun dalam beberapa waktu terakhir, perpaduan gerai kopi masa kini yang dibalut dalam wujud tradisional guna mendekatkan pada konteks sejarah ruang dimana gerai kopi tersebut berada menjadi pilihan beberapa gerai kopi atau makan kekinian. Hal inilah yang kemudian dipilih oleh Rumah Lama Kopi, sebuah gerai speciality coffee di area Jl. Taman Siswa, Jogja. Semua pilihan artisitiknya cenderung tradisional namun cara gerai ini menempatkan dan merancang bar-nya menjadi pembeda antara gerai kopi ini dengan warung atau rumah makan tradisional pada umumnya.

Menu: Pilihan menu, khususnya minumannya juga menjadi penanda jika gerai kopi ini merujuk pada hal-hal yang kini dan populer. Selain menyajikan menu kopi umum seperti cappuccino dan cafe latte, minuman lain yang ditawarkan dan cukup kekinian adalah Cold Brew, dan Turmeric Latte. Cold Brew sendiri adalah kopi yang diseduh menggunakan air dingin selama lebih dari 12 jam. Khusus untuk racikan gerai ini, cold brew ini hadir dengan sedikit rasa rempah dan ada nuansa fermentasi karena konon katanya gerai ini memilih untuk membuat dan menyimpannya dalam waktu yang lebih dari dua minggu. Waktu yang dinilai dapat menghasilkan rasa yang khas dan maksimal. Turmeric Latte adalah bahasa kekinian dari campuran kunyit dan susu. Untuk saya menu ini pun menjadi jembatan antara yang tradisional seperti jamu dengan gaya yang kekinian. Tak heran jika menu saat ini menu Turmeric Latte sedang naik daun. Untuk menu makanannya, gerai ini memilih menghadirkan menu-menu tradisional seperti bakmi Jawa maupun Singkong Goreng. Menu bakmi Jawa sebenarnya cukup jarang disajikan di gerai yang mengedepankan menu kopi kekinian namun nuansa tradisional dari ruangnya membuat kehadiran menu bakmi ini di meja yang sama dengan segelas cold brew ataupun turmeric latte menjadi tidak terasa janggal. Secara rasa, menu bakmi Jawa dari gerai ini cukup menggugah selera dan memuaskan. Konon katanya, rasa kelezatan dalam sepiring bakmi Jawa ini hadir dengan tanpa menggunakan MSG.

Catatan: Nuansa tradisional dengan sentuhan warna cahaya yang kekuningan sebenarnya memberi nuansa yang menenangkan namun menghadirkan keremangan di saat yang sama. Untuk saya, satu-satunya masalah adalah keremangan tersebut, sedangkan untuk menu, harga, lokasi, dan suasana secara umum terbilang memuaskan

 

Rumah Lama Kopi

Jl. Taman Siswa, Joyonegaran (Hotel Omah Sorsawo), Jogja

17.00 – 01.00 WIB

Buat toko online cuma 20 detik! Hanya Rp 99ribu/bulan. Coba sekarang GRATIS 15 hari. Kunjungi Jejualan Jasa Pembuatan Toko Online.

Spot Populer dan Kekinian: Rumah Lama Kopi

(Dito/DISKON.com)


Lokasi:

Nama Resto : Rumah Lama Kopi

Alamat :Jl. Taman Siswa, Joyonegaran (Hotel Omah Sorsawo), Jogja



Harga Per Porsi makan dan minum : Rp 25.000,-

Jam Operasional : 17.00 01.00 WIB

Rating :

Latitude: Longitude:

Tags : Kuliner, Jogja, Kopi, Cold Brew, Coffee, Nongkrong, Es kopi susu, single origin, Bakmi Jawa


Komentari kuliner ini


© 2013 MakanJogja.com | Wisata Kuliner Jogja | Kontak Tim Makanjogja | hosted by IDwebhost Page loaded in 0.0703 second.