Wisata Kuliner Jogja

Wisata Kuliner Jogja

Home » Resto

Pempek Faras, Jagonya Menu Khas Palembang

Pempek Faras, Jagonya Menu Khas Palembang Jogja

Nama rumah makan Pempek Faras mendadak muncul di ingatan saya ketika saya sedang ingin mencicipi menu khas Palembang ini. Sebenarnya saya belum pernah mencicipinya namun nama rumah makan ini yang tengah berseliweran di linimasa membuatnya menempel di ingatan saya. Setelah sedikit stalking kanan-kiri, akhirnya saya menemukan berbagai info seputar rumah makan ini.

Setelah menemukannya, saya pun bergegas meluncur ke lokasinya yang berada di Jl. A. M. Sangaji, sekitar 300 meter selatan perempatan selokan Mataram. Setibanyanya di lokasi, saya langsung disambut dengan atmosfer merah jambu yang cukup mendominasi. Saya pun mengalihkan pandangan saya ke buku menunya yang terpajang di hadapan saya. Menu paket B, yang terdiri dari tiga pempek berukuran kecil dengan harga Rp. 20.000 ini terlihat cukup menjanjikan. Selain memesan menu tersebut, saya juga menambah menu celimpungan seharga Rp. 17.500. Yup, kedua menu ini saya jadikan lauk makan pagi saya yang sedikit terlambat.

Saya memulainya dengan menyantap menu pempeknya. Alih-alih menggunakan ikan tengiri, pempek ini menggunakan ikan belido yang untuk saya terasa tak seamis ikan tengiri. Selain terbukti lebih tak amis, tekstur pempek racikan rumah makan ini benar-benar terasa begitu lembut. Ketika digigit, tekstur crispy pada bagian luarnya berpadu dengan kelembutan di bagian dalamnya. Benar-benar lezat. Selain pempek, rumah makan ini terkenal dengan menu lain yang juga berasal dari Palembang, yaitu Celimpungan. Menu ini sebenarnya terasa serupa dengan pempek. Perbedaannya, celimpungan ini tidak digoreng dan disajikan dengan kuah berwarna kuning. Kuah yang gurih dan mengingatkan saya pada menu opor ini terasa mantap. Rasa gurihnya yang berpadu dengan rasa santan dan bawang goreng terasa lezat. Pas untuk disantap dengan bula-bola yang menyerupai pempek namun tak digoreng ini. Konon katanya menu ini tak banyak dijajakan di Jogja, dan Pempek Faras adalah satu dari sedikit sekali yang menjajakannya.

Bersantap di Pempek Faras untuk saya bukan sekedar menyantap menu yang lezat. Bersantap di rumah makan ini memberi saya referensi baru terkait menu-menu khas Palembang, yang secara rasa ngga kalah lezat dari pempek. KIni, saya pun memiliki pengetahuan baru, dan mungkin menu celimpungan bisa menjadi menu favorit saya berikutnya setelah pempek.

 

Pempek Faras

Jl. A. M. Sangaji (200 meter selatan Selokan Mataram), Jogja

10.00 – 21.00 WIB

Buat toko online cuma 20 detik! Hanya Rp 99ribu/bulan. Coba sekarang GRATIS 15 hari. Kunjungi Jejualan Jasa Pembuatan Toko Online.

Pempek Faras, Jagonya Menu Khas Palembang

(Dito/DISKON.com)


Lokasi:

Nama Resto : Pempek Faras

Alamat :Jl. A. M. Sangaji (200 meter selatan Selokan Mataram), Jogja



Harga Per Porsi makan dan minum : Rp 20.000,-

Jam Operasional : 10.00 21.00 WIB

Rating :

Latitude: Longitude:

Tags : Kuliner, Jogja, Palembang, Pempek, Ikan Belido, Celimpungan


Komentari kuliner ini


© 2013 MakanJogja.com | Wisata Kuliner Jogja | Kontak Tim Makanjogja | hosted by IDwebhost Page loaded in 0.0610 second.