Wisata Kuliner Jogja

Wisata Kuliner Jogja

Home » Resto

Pempek, Pindang Patin, dan Segala Menu Palembang Lezat ala Warung Dek Sangke

Pempek, Pindang Patin, dan Segala Menu Palembang Lezat ala Warung Dek Sangke Jogja

Indonesia yang merupakan salah satu negara dengan batas wilayah terluas memang menyimpan segudang potensi kuliner. Meski segala hal terpusat di Jawa namun hal ini tak berlaku di dunia kuliner. Justru menu-menu luar Jawa lah yang memberikan warna dan kekayaan pada menu-menu Indonesia.

Ketika membicarakan menu-menu yang khas berasal dari luar Jawa, susah untuk saya tidak menyebut menu Pempek. Entah mengapa menu ini masuk ke list top five menu makanan favorit saya. Salah satu menu yang rasanya perlu untuk disantap minimal sebulan sekali. Di Jogja, menu ini cukup banyak dijajakan karena cukup populer, dan memiliki rasa manis yang cukup akrab dengan lidah Jawa. Nyaris semua gerai-gerai yang menjajakan menu ini pernah saya cicipi namun saya baru mengetahui ada satu gerai yang konon katanya menghadirkan menu-menu khas Palembang namun belum pernah saya datangi. Gerai itu bernama Dek Sangke, yang berlokasi di Jl. Besi Jangkang (Jl. Kaliurang KM. 12), Jogja.

Tanpa pikir panjang, saya pun langsung menyambanginya meski harus ngalang sekitar delapan kilometer dari tujuan awal saya. Gerainya yang terbilang tak terlalu besar ini rupanya tidak hanya menjajakan menu Pempek namun juga beberapa menu khas Palembang lainnya seperti Pindang Patin, Rujak Mie, Model, dan Es Kacang Merah. Menu-menu ini terlihat menarik dan membuat saya kalap dan memesan semuanya. Untuk menu Rujak Mie dan Model, menu ini masih serupa dengan pempek namun dengan beberapa tambahan kelengkapan yang berbeda. Rujak mie adalah menu potongan pempek lenjer yang disajikan dengan mie dan tauge, yang memberi sensasi berbeda dengan menu pempek biasa. Sedangkan menu Model juga menyerupai pempek namun di dalam adonannya terdapat tahu putih yang menyegarkan. Kedua menu ini disajikan dengan cuko manis ataupun pedas. Menu pindang patin bisa dibilang satu-satunya menu yang memiliki gaya yang berbeda. Menu ini adalah menu yang menyajikan potongan ikan patin dalam balutan kuah bening yang gurih dan berempah. Sangat mantap namun juga menyegarkan. Untuk menu makanan, menu pindang patin ini merupakan menu yang paling unik dan mengejutkan karena sebelumnya belum pernah saya cicipi.

Meski tak populer, gerai yang terbilang baru ini memang berhasil membuktikan dari segi rasa. Hanya lokasinya yang sedikit di luar keramaian lah yang membuatnya perlu mendapatkan sorotan media sosial lebih banyak.

 

Pempek Dek Sangke

Jl. Besi Jangkang (Jl. Kaliurang KM 12), Jogja

10.00 – 22.00 WIB

Buat toko online cuma 20 detik! Hanya Rp 99ribu/bulan. Coba sekarang GRATIS 15 hari. Kunjungi Jejualan Jasa Pembuatan Toko Online.

Pempek, Pindang Patin, dan Segala Menu Palembang Lezat ala Warung Dek Sangke

(Dito/DISKON.com)


Lokasi:

Nama Resto : Pempek Dek Sangke

Alamat :Jl. Besi Jangkang (Jl. Kaliurang KM 12), Jogja



Harga Per Porsi makan dan minum : Rp 20.000,-

Jam Operasional : 10.00 22.00 WIB

Rating :

Latitude: Longitude:

Tags : Kuliner, Jogja, Palembang, Pempek, Pindang Patin, Model, Rujak Mie


Komentari kuliner ini


© 2013 MakanJogja.com | Wisata Kuliner Jogja | Kontak Tim Makanjogja | hosted by IDwebhost Page loaded in 0.0633 second.