Wisata Kuliner Jogja

Wisata Kuliner Jogja

Sate Pak Donal, Kelezatan di Tengah Dinginnya Kaliurang

Sate Pak Donal, Kelezatan di Tengah Dinginnya Kaliurang Jogja

Berkunjung ke Kaliurang sudah menjadi rutinitas keluarga saya. Terkadang, diantara kunjungan tersebut, kami memutuskan untuk bermalam di area pariwisata yang terletak di ujung utara kota Jogja tersebut. Hawanya yang dingin, serta beberapa kuliner yang mulai beroperasi di malam hari terkadang memang ngangenin.

Beberapa gerai makan di Kaliurang, khususnya yang berada di seputaran Taman Bermain Kaliurang bisa dibilang sudah cukup terkenal hingga ke kota Jogja. Meski begitu, ada gerai-gerai yang tidak populer namun sebenarnya menjadi langganan warga lokal, dan secara rasa tak kalah lezat dari gerai-gerai populer lainnya. Salah satu gerai tersebut adalah Sate Donal. Di Kaliurang sendiri sebenarnya cukup dikenal dengan tempatnya bersantap sate kelinci namun secara tak sengaja saya mengetahui keberadaan Sate Donal. Sebuah gerai yang menjajakan sate enthog. Gerai ini berlokasi di sisi samping Taman Bermain Kaliurang. Lokasinya strategis namun terpisah dari keramaian gerai-gerai yang berderet mewarnai arean taman tersebut.

Saya menemukannya dari seorang warga yang merekomendasikannya kepada saya. Saya pun segera mencari dan mengunjungi gerai tersebut. Gerainya tampak nyaman, dan sederhana. Tampak beberapa warga dengan pakaian sehari-hari sedang bersantap malam di gerai tersebut. Saya pun mulai memesan satu porsi sate enthog, satu porsi nasi goreng, dan satu porsi tongseng enthoq. Setelah semua menu hadir di meja, saya pun segera menyantapnya. Menu nasi gorengnya adalah nasi goreng klasik khas hotel-hotel di area pariwisata. Nasi goreng ini saya santap bersama satenya yang benar-benar lezat. Dagingnya yang empuk dan sedikit liat ini menghadirkan rasa manis-gurih yang pas di lidah. Taburan mericanya yang memberi sensasi nyegrak pun menambah rasa pada menu yang terbilang sederhana ini. Sate ini menurut saya cukup unik, dan menarik untuk dicicipi. Kelezatan ini juga terasa pada menu tongseng enthog-nya. Rasa manis-pedas-gurihnya benar-benar mantap dan tentunya, menghangatkan. Menu ini memang tak seistimewa menu satenya namun memiliki rasa yang juga menggugah selera.

Menyantap ketiga menu ini membuat saya paham kenapa gerai ini populer di kalangan warga. Selain rasanya yang memang terbukti lezat dan unik, secara harga dan suasana memang seolah akrab dengan warga. Tidak berorientasi pada wisatawan.

 

Sate Donal

Taman Bermain Kaliurang, Kaliurang, Jogja

15.00 – 22.00 WIB

Buat toko online cuma 20 detik! Hanya Rp 99ribu/bulan. Coba sekarang GRATIS 15 hari. Kunjungi Jejualan Jasa Pembuatan Toko Online.

Sate Pak Donal, Kelezatan di Tengah Dinginnya Kaliurang

(Dito/DISKON.com)


Lokasi:

Nama Resto : Sate Donal

Alamat :Taman Bermain Kaliurang, Kaliurang, Jogja



Harga Per Porsi makan dan minum : Rp 25.000,-

Jam Operasional : 15.00 22.00 WIB

Rating :

Latitude: Longitude:

Tags : Kuliner, Jogja, Sate, Tongseng, Enthog


Komentari kuliner ini


© 2013 MakanJogja.com | Wisata Kuliner Jogja | Kontak Tim Makanjogja | hosted by IDwebhost Page loaded in 0.0673 second.