Wisata Kuliner Jogja

Wisata Kuliner Jogja

Home » Resto

Berbagai Sajian ala Sulawesi di Resto Celebes

Berbagai Sajian ala Sulawesi di Resto Celebes Jogja

Cita rasa nusantara adalah salah satu kekayaan kuliner yang seolah tak ada habisnya. Akhir-akhir ini, saya cukup sering melihat menu-menu khas Sulawesi, yang bukan Bubur Manado ataupun Coto Makasar kerap dijajakan. Bahkan, ada sebuah resto bernama Resto Celebes, yang memang mengedepankan menu-menu dari Sulawesi.

Saya pribadi tertarik untuk mengetahui cita rasa yang ditawarkan oleh pulau ini, yang tentunya bukan kedua menu yang sudah saya sebutkan tadi. Saya pun segera membaca berbagai menu yang diandalkan di resto ini. Berhubung banyak menu yang menarik, akhirnya saya memesan empat menu sekaligus, yaitu Kasubi Sambel Terasi, Binte, Sate Pokea, dan Ikan Palu Mara. Empat menu yang terbilang tak mahal inilah yang akan menjadi santapan saya kali ini. Menu-menu ini hanya dikenai harga berkisar antara Rp. 10.000 – Rp. 15.000 saja. Sesuai dengan lokasinya yang merupakan kawasan padat mahasiswa.

Menu Kasubi menjadi menu pertama yang saya santap. Menu ini sebenarnya sangat saderhana, ketela yang digoreng dan disajikan dengan sambal terasi. Meski sederhana, tapi rasa sambal terasinya yang terasa segar memberi sensasi pedas yang berbeda karena untuk saya kesegaran semacam ini biasanya ditemukan di sambal tomat. Selepas Kasubi, saya menyantap Binte. Sup yang terbuat dari jagung dan kemangi, serta disajikan dengan kuah berkaldu ikan ini terasa segar banget. Kaldu ikannya yang gurih namun menyegarkan berpadu dengan rasa manis biji jagung serta kesegaran kemangi. Menu yang cocok untuk disantap sebagai hidangan pembuka. Berikutnya, Sate Pokea menjadi menu yang saya santap selepas menikmati kesegaran Binte. Sate ini menyerupai sate pada umumnya yang disajikan dengan saus kacang. Hal yang membedakannya adalah sate pada menu ini bukan menyajikan hewan daran namun kerang. Rasa kerang yang khas dan sedikit kenyal disajikan dengan saus kacang yang gurih dan sedikit manis. Soal rasa, untuk saya tidak selezat sate Madura namun menu ini sama sekali tak mengecewakan dan terasa unik. Menu Ikan Palu Mara menjadi penutup. Menu yang terbuat dari ikan yang disajikan dengan kuah merah ini terasa segar, gurih dan sedikit asam. Kuah ini terasa sangat pas dengan ikannya yang lembut. Untuk saya, entah kenapa menu ini terasa paling sesuai dengan citra Sulawesi yang dengan dengan menu ikan.

Kini, referensi menu khas Sulawesi saya bertambah alias ngga hanya terbatas pada Coto Makassar dan Bubur Manado. Untuk saya, menu khas Sulawesi ini memang terbukti lezat dan tentu saja sangat potensial untuk diperkenalkan ke publik yang lebih umum, dan bukan tidak mungkin popularitasnya mampu menyaingi menu-menu khas dari Sumatera yang memang sudah sangat populer.

 

Resto Celebes

Jl. C. Simanjuntak, Jogja

10.00 – 22.00 WIB

Buat toko online cuma 20 detik! Hanya Rp 99ribu/bulan. Coba sekarang GRATIS 15 hari. Kunjungi Jejualan Jasa Pembuatan Toko Online.

Berbagai Sajian ala Sulawesi di Resto Celebes

(Dito/DISKON.com)


Lokasi:

Alamat :Jl. C. Simanjuntak, Jogja



Jam Operasional : 10.00 22.00 WIB

Latitude: Longitude:

Tags : Kuliner, Jogja, Sumatera, Binte, Kasubi, Pokea, Sate, Ikan


Komentari kuliner ini


© 2013 MakanJogja.com | Wisata Kuliner Jogja | Kontak Tim Makanjogja | hosted by IDwebhost Page loaded in 0.0848 second.