Wisata Kuliner Jogja

Wisata Kuliner Jogja

Home » Resto

Depot Sleko, Sajian Khas Jawa Timur yang Siap Memanjakan Lidah

Depot Sleko, Sajian Khas Jawa Timur yang Siap Memanjakan Lidah Jogja

Beberapa waktu yang lalu, terjadi pembicaraan tentang menu-menu lezat yang khas dari Jawa Timur. Menu pecel masuk ke dalam pembicaraan itu, dan konon yang membedakan adalah rasa pedasnya yang mantap dan aroma daun jeruknya yang menggugah selera. Hal lain yang sempat terbahas adalah petisnya yang manis-gurih-mantap.

Di tengah pembahasan tersebut, seorang teman menyebutkan sebuah nama gerai yang menurutnya cukup layak untuk dicoba. Gerai tersebut bernama Depot Sleko, yang berlokasi di Jeblog, Tirtonirmolo, Kasihan, Jogja. Meski secara lokasi di sisi selatan kota Jogja namun menurut informasi dari yang saya dapatkan, gerai ini perlu untuk dicicipi, khususnya ketika jam makan siang. Saya pribadi pernah mendengar keberdaan gerai ini sebelumnya namun karena lokasinya yang berada di luar rute harian, saya belum menyempatkan mampir ke gerai ini. Setelah mendengar informasi dari teman saya tersebut, saya pun memutuskan untuk mampir sebentar ketika jam makan siang.

Saya menmukan gerai ini tanpa kesulitan yang berarti. Saya tiba di lokasi ketika lokasi tersebut tak terlalu padat orang. Dengan segera saya memesan seporsi Tahu Tek, Pecel, dan Rawon. Tiga menu ini merupakan menu santap siang saya bersama satu teman saya yang kebetulan merekomendasikan tempat ini. Saya memulainya dengan menyantap menu Tahu Tek. Ketika disantap, tahu berbalut telur ini terasa gurih nan lezat. Rasa gurih yang berasal dari petisnya yang mantap ini memang menggugah selera. Komposisi rasa dari petisnya, segarnya sayur-mayur, dan tahu telurnya ini benar-benar menunjukkan bedanya rasa kemantapan dari menu khas Jawa timur. Rasa yang mantap juga terasa seketika mencicipi menu pecelnya yang pedas, dan dan segar. Berbeda dengan bumbu pecel ala Jogja yang cenderung manis, bumbu pecel dari Depot Sleko memiliki rasa pedas yang diatas rata-rata bumbu pecel Jogja, dan memiliki aroma yang segar. Bumbu pecel yang menurut saya cukup menggugah selera dan membuat berkeringat. Setelah mencicipi menu-menu berbahan dasar kacang dan petis, saya pun beralih ke menu kuahnya, yaitu rawon. Menu ini masuk dalam kategori rawon yang wajib dicoba. Rasa kuahnya yang mantap berpadu dengan taugenya yang begitu menyegarkan menghadirkan rasa yang seimbang dan memanjakan lidah. Irisan dagingnya yang ngga tanggung-tanggung pun menambah kelezatan dan kemantapan menu ini.

Ketiga menu yang saya cicipi ini berhasil membuktikan apa yang digembar-gemborkan teman saya tentang gerai ini. Lezat, mantap, segar, dan tentu saja harganya bersahabat. Hanya lokasinya yang berjarak dari rumah saja yang membuatnya sedikit susah untuk dikunjungi setiap hari.

 

Depot Sleko

Jeblog, Tirtonirmolo, Kasihan, Jogja

09.00 – 15.00 WIB

Buat toko online cuma 20 detik! Hanya Rp 99ribu/bulan. Coba sekarang GRATIS 15 hari. Kunjungi Jejualan Jasa Pembuatan Toko Online.

Depot Sleko, Sajian Khas Jawa Timur yang Siap Memanjakan Lidah

(Dito/DISKON.com)


Lokasi:

Nama Resto : Depot Sleko

Alamat :Jeblog, Tirtonirmolo, Kasihan, Jogja



Harga Per Porsi makan dan minum : Rp 15.000,-

Jam Operasional : 09.00 15.00 WIB

Rating :

Latitude: Longitude:

Tags : Kuliner, Jogja, Jawa Timur, Tahu Tek, Pecel, Rawon


Komentari kuliner ini


© 2013 MakanJogja.com | Wisata Kuliner Jogja | Kontak Tim Makanjogja | hosted by IDwebhost Page loaded in 0.0916 second.