Wisata Kuliner Jogja

Wisata Kuliner Jogja

Home » Cafe

Hangatnya Segelas Bajigur dan Kolak Pisang dari Kafe 49 Bajigur

Hangatnya Segelas Bajigur dan Kolak Pisang dari Kafe 49 Bajigur Jogja

Menu minuman Bajigur mungkin memang sanga dikenal di kota Jogja namun keberadaannya tak semudah itu untuk ditemukan. Saya pribadi hanya pernah menemukan dua sampai tiga tempat penjaja minuman ini sepanjang saya mengenal menu tersebut.

Beberapa waktu yang lalu, secara kebetulan saya melihat sebuah unggahan fotoseorang teman yang di dalamnya terdapat foto minuman bajigur. Sembari sedikit berbasa-basi, saya pun menanyakan tempat dimana ia mencicipi menu tersebut. Dari saling bertukar pesan tersebut, saya mengetahui jika gerai tersebut berada di Jl. Sisingamangaraja, Jogja. Saat itu, ia tidak menyebutkan nama gerai tersebut karena lupa. Ia hanya menyebutkan jika gerai tersebut berada di depan Indomart, utara Jl. Prawirotaman, Jogja. Saya yang kebetulan cukup sering melintas di area itu pun dengan segera mengetahui kisaran tempat gerai tersebut berada.

Berselang dua hari selepas berkirim pesan tersebut, saya melintas ruas jalan tersebut di malam hari sepulang kerja. Saya sengaja pulang sedikit telat agar dapat mampir ke gerai ini. Gerai yang rupanya bernama Kafe 49 Bajigur ini dengan mudah saya temukan. Di tulisan depannya, saya baru mengetahui jika menu andalan gerai ini ada dua, yaitu Bajigur dan Kolak Pisang. Saya pun memutuskan memesan keduanya, plus seporsi roti bakar coklat-keju dan bakmi goreng yang isajikan dalam bungkusan kertas. Kedua menu minuman ini hadir dengan cukup cepat, dan saya pun segera mencicipinya satu per satu. Minuman Bajigurnya memang terasa nikmat dan menghangatkan. Rasa gurih dari santannya berpadu dengan pas bersama gula arennya. Tidak terlalu manis, gurih, dan cukup ringan. Isiannya yang terdiri dari kelapa dan roti tawar cukup membuat kenyang perut. Menu kedua, kolak pisangnya pun tak kalah memikat. Dengan rasa yang cukup kuat aroma cengkehnya, minuman ini pun terasa menghangatkan. Secara isian, menu ini lebih berat dan beragam dari menu Bajigur. Di dalam semangkuk kolaknya terdapat pisang, kolang-kaling, dan ketela. Kedua menu ini memang sedikit sama namun menawarkan jenis kehangatan dan rasa manis yang berbeda, dan keduanya sangat pas untuk diminum di malam-malam yang dingin, yang kerap menerpa Jogja akhir-akhir ini.

Setelah meminum kedua minuman ini, badan kembali hangat, dan siap untuk melanjutkan perjalanan. Rasa rindu saya pada minuman Bajigur pun terobati, dan pastinya rasa penasaran saya atas unggahan foto teman saya juga terjawab. Kafe 49 Bajigur memang pilihan yang tepat untuk menikmati segelas wedang Bajigur yang cukup populer namun susah ditemukan ini.

 

Kafe 49 Bajigur

Jl. Sisingamangaraja (seberang Indomaret utara Jl. Prawirotaman), Jogja

17.00 – 23.00 WIB

Buat toko online cuma 20 detik! Hanya Rp 99ribu/bulan. Coba sekarang GRATIS 15 hari. Kunjungi Jejualan Jasa Pembuatan Toko Online.

Hangatnya Segelas Bajigur dan Kolak Pisang dari Kafe 49 Bajigur

(Dito/DISKON.com)


Lokasi:

Nama Resto : Kafe Bajigur 49

Alamat :Jl. Sisingamangaraja (seberang Indomaret utara Jl. Prawirotaman), Jogja



Harga Per Porsi makan dan minum : Rp 10.000,-

Jam Operasional : 17.00 23.00 WIB

Rating :

Latitude: Longitude:

Tags : Kuliner, Jogja, Bajigur, Kolak Pisang


Komentari kuliner ini


© 2013 MakanJogja.com | Wisata Kuliner Jogja | Kontak Tim Makanjogja | hosted by IDwebhost Page loaded in 0.0760 second.