Wisata Kuliner Jogja

Wisata Kuliner Jogja

Home » Resto

Menikmati Kelezatan Ayam Goreng Kampung dan Aneka Sajian Khas Wonosari di Kondang Rasa

Menikmati Kelezatan Ayam Goreng Kampung  dan Aneka Sajian Khas Wonosari di Kondang Rasa Jogja

Nama sebuah tempat makan biasanya terkait dengan harapan, dan tak jarang harapan ini kemudian benar-benar terwujud. Hal inilah yang saya rasakan ketika mencicipi menu-menu di Rumah Makan Kondang Rasa, yang memang kondang (terkenal) karena kelezatan rasanya.

Ketika saya mengumpulkan informasi seputar kuliner di Wonosari, sedikitnya enam dari delapan orang yang saya tanyai menyebutkan nama Kondang Rasa. Yup, warung ini memang terkenal tidak saja di warga daerah Wonosari namun juga diantara pemburu kuliner. Akhirnya, saya pun memutuskan rumah makan ini untuk masuk ke dalam daftar rencana kunjungan saya minggu lalu.

Warung makan yang terletak di Jl. K. H. Agus Salim, Ledok Sari, Kepek, Wonosari ini memang terkenal dengan sajian menu ayam gorengnya serta aneka makanan khas Wonosari seperti Nasi Merah lengkap dengan Sayur Lombok Hijau dan Sayur Daun Pepaya. Dan menu-menu tersebutlah yang kemudian saya pesan sebagai santap siang saya pada saat itu.

Berhubung sudah lewat jam makan siang dan hanya menyisakan satu-dua kelompok pengunjung, maka pesanan saya pun datang dengan cepat. Tidak perlu mengantri. Satu porsi nasi merah, satu potong ayam goreng bagian dada dengan ukuran tanggung, satu porsi sayur lombok hijau, dan satu porsi sayur daun pepaya hadir di hadapan saya. Dengan perlahan, saya mencicipi satu per satu menu yang ada di hadapan saya.

Saya memulainya dari nasi merah dan ayam gorengnya. Rasa nasi merahnya yang tidak sangit dan lembut menunjukkan kemampuan mengolah beras merah dengan baik. Sedangkan ayam kampungnya yang bisa dibilang berukuran cukup besar ini terasa tidak alot dan sangat lezat. Tak heran jika kemudian menu ayam gorengnya menjadi menu andalan rumah makan ini.

Kelezatan menyantap nasi merah ini semakin bertambah ketika saya mulai mencampurnya dengan sayur lombok hijaunya yang gurih dan pedas menggigit dan sayur daun pepayanya yang segar dan tidak pahit. Benar-benar menambah kekayaan rasa dalam menikmati nasi merah ini. Seluruh menu ini kemudian menciptakan satu kelezatan yang khas dan nagih. Meskipun menu-menu ini adalah menu tradisional dan sederhana namun kelezatannya memang tak bisa dipungkiri.

Untuk soal harga, rumah makan ini memang benar-benar bersahabat di kantong. Untung satu menu full set seperti yang saya pesan tadi, saya hanya perlu mengeluarkan uang Rp. 26.000 saja. Benar-benar murah mengingat banyaknya menu yang saya pesan saat itu.

Buat toko online cuma 20 detik! Hanya Rp 99ribu/bulan. Coba sekarang GRATIS 15 hari. Kunjungi Jejualan Jasa Pembuatan Toko Online.

(Dito/DISKON.com)


Tags : Kuliner, Jogja, NAsi Merah, Ayam Goreng


Komentari kuliner ini


© 2013 MakanJogja.com | Wisata Kuliner Jogja | Kontak Tim Makanjogja | hosted by IDwebhost Page loaded in 0.1437 second.