Wisata Kuliner Jogja

Wisata Kuliner Jogja

Home » Cafe

Nostalgia dalam Balutan Suasana Klasik dan Menu-Menu Kopi di Excelso Cafe

Nostalgia dalam Balutan Suasana Klasik dan Menu-Menu Kopi di Excelso Cafe Jogja

Dengan banyaknya bermunculan coffee shop di Jogja dari yang franchise internasional hingga yang mengedepankan gagasan single origin, membuat ingatan saya kembali ke jaman ketika gerai-gerai kopi belum seramai ini. Tiba-tiba saya teringat sebuah nama, yaitu Excelso.

Sebenarnya tak ada yang istimewa dari gerai ini namun untuk saya gerai ini adalah perjumpaan pertama saya dengan konsep coffee shop di Jogja. Dulu, ketika di Jogja hanya ada dua pusat perbelanjaan, gerai kopi ini hadir di kedua pusat perbelanjaan tersebut. Paman saya adalah orang yang memperkenalkan saya ke gerai kopi yang kini seolah tenggelam diantara keriuhan tren coffee shop ini. Setelah lebih dari delapan tahun tak mengunjungi gerai kopi ini, akhirnya saya menyempatkan diri bersantai di gerai kopi yang terletak di Malioboro Mall. Tampilannya masih terbilang sama dengan jaman dulu. Tak ada hal yang berubah dramatis dari gerai kopi ini. Setiap hal yang ada di gerai kopi ini langsung membuat saya bernostalgia. Satu Milennia Snowball, Cappuccino on The Rock, dan Cheese Crust menjadi pesanan saya.

Ketiga menu ini saya pilih karena menu ini adalah andalan dari gerai ini. Milennia Snowbal sendiri adalah menu kopi yang disajikan bersama es krim vanilla, susu, dan rhum. Sekilas mengingatkan saya pada affogato namun menu ini menawarkan rasa yang lebih lembut (dimana terdapat campuran susu) dan sensasi kuat dari rhum-nya. Secara rasa, menu ini sangat kaya akan rasa dan sensasi. Terasa begitu kuat dan lembut di saat yang bersamaan. Menu kopi yang pantas untuk dijadikan andalan dari gerai ini. Sedangkan menu Cappuccino on The Rock sebenarnya terasa lebih sederhana. Menu ini adalah wujud pemberontakan dimana menu cappuccino sebenarnya tak biasa disajikan dalam bentuk minuman dingin karena dianggap merusak rasa. Excelso berani menghadirkan menu dingin ini dengan karakter rasa kopi yang tetap mantap. Menu ini memiliki perpaduan kelembutan susu dan kemantapan susu yang pas di lidah. Sederhana namun memikat. Sembari menikmati kedua minuman kopi ini, sesekali saya mencicipi menu Cheese Crust-nya yang juga sederhana dan memikat. Menu ini sedikit mengingatkan saya pada menu pizza thin crust namun dengan ukuran yang cukup mungil. Teskturnya yang crispy, dan lembut ini disajikan dengan topping keju yang gurih.

Gerai ini mungkin sudah tidak terlalu populer di kalangan pecinta kopi namun untuk saya selalu ada kenangan di dalam gerai Excelso ini. Nuansa dan rasanya selalu berhasil membawa saya berkelana, dan memutar kembali ingatan semasa hidup masih lebih sederhana.

 

Excelso

Malioboro Mall, Malioboro, Jogja

10.00 – 21.00 WIB

Buat toko online cuma 20 detik! Hanya Rp 99ribu/bulan. Coba sekarang GRATIS 15 hari. Kunjungi Jejualan Jasa Pembuatan Toko Online.

Nostalgia dalam Balutan Suasana Klasik dan Menu-Menu Kopi di Excelso Café

(Dito/DISKON.com)


Lokasi:

Nama Resto : Excelso

Alamat :Malioboro Mall, Malioboro, Jogja



Harga Per Porsi makan dan minum : Rp 40.000,-

Jam Operasional : 10.00 – 21.00 WIB

Rating :

Latitude: Longitude:

Tags : Kuliner, Jogja, Kopi, Coffee Shop, Coffee


Komentari kuliner ini


© 2013 MakanJogja.com | Wisata Kuliner Jogja | Kontak Tim Makanjogja | hosted by IDwebhost Page loaded in 0.0756 second.