Wisata Kuliner Jogja

Wisata Kuliner Jogja

Home » Resto

Pecel Mas Kali, Pecel Prasmanan Bergaya Jawa Timuran yang Memanjakan Lidah

Pecel Mas Kali, Pecel Prasmanan Bergaya Jawa Timuran yang Memanjakan Lidah Jogja

Seorang teman dari Jawa Timur pernah berkata bahwa di Jogja tidak ada tempat makan yang menyajikan pecel Jawa Timur yang lezat. Pernyataan rupanya telah berubah sejak beberapa waktu lalu. Dia berkata bahwa dirinya baru saja menemukan sebuah rumah makan pecel yang memiliki rasa yang lezat.

Saya pun memintanya untuk mengajak saya ke rumah makan tersebut. Kami pun berkendara menuju sebuah rumah makan bernama Pecel Mas Kali yang terletak di Jl. Damai, Jogja. Rumah makan ini sedikit berbeda dengan rumah makan-rumah makan yang biasanya menjajakan pecel. Rumah makan ini terasa begitu muda, tidak terlalu tradisional, dan nyaman. Kami pun langsung menuju ke meja panjang, meja dimana semua bahan pecel diletakkan dan setiap pengunjung bisa mengambilnya sesuai selera. Saya mengambil beberapa sayuran seperti bayam,  daun kenikir, bunga turi, wortel, dan tauge. Sedangkan lauknya, saya mengambil bakwan jagung, telur asin, dan tempe.

Keunggulan dari rumah makan ini adalah rasa bumbu pecelnya yang dicampur dengan daun jeruk keprok. Aroma wanginya yang bercampur dengan rasa pedas gurih bumbu kacangnya benar-benar memikat. Bumbu ini sangat pas disantap  bersama sayur-mayur yang telah saya ambil sebelumnya. Selain bumbu pecelnya, bakwannya pun terbilang ngga kalah oke. Komposisi jagungnya yang terbilang banyak membuat bakwan ini memiliki rasa jagung yang mantap serta menawarkan kelezatan yang beda jika dibandingkan dengan menu bakwan pada umumnya. Lauk terakhir yang juga patut dicoba adalah telur asin yang konon dipesann langsung dari Brebes. Rasa asinnya yang mantap namun pas di lidah ini pun menawarkan aroma bakaran yang sepintas lalu terasa ketika disantap. Benar-benar cocok disantap bersama dengan menu pecelnya.

Oiya, saya juga memesan satu porsi Kopi Cethe. Kopi hitam pekat berampas ini konon salah satu jenis kopi yang terkenal di kawasan Jawa Timur. Ampasnya dapat digunakan untuk melukis rokok, dan akan memberikan cita rasa yang unik ketika menghirup rokok tersebut.

 

Pecel Iwak Kali

Jl. Damai, Jogja

08.00 – 21.00 WIB

Buat toko online cuma 20 detik! Hanya Rp 99ribu/bulan. Coba sekarang GRATIS 15 hari. Kunjungi Jejualan Jasa Pembuatan Toko Online.

Pecel Mas Kali, Pecel Prasmanan Bergaya Jawa Timuran yang Memanjakan Lidah

(Dito/DISKON.com)


Lokasi:

Alamat :Jl. Damai, Jogja



Jam Operasional : 08.00 21.00 WIB

Latitude: Longitude:


Komentari kuliner ini


© 2013 MakanJogja.com | Wisata Kuliner Jogja | Kontak Tim Makanjogja | hosted by IDwebhost Page loaded in 0.0711 second.