Wisata Kuliner Jogja

Wisata Kuliner Jogja

Home » Cafe

Warung Bali Putu Bujangga, Cita Rasa Bali yang Menggugah Selera

Warung Bali Putu Bujangga, Cita Rasa Bali yang Menggugah Selera Jogja

Menu Ayam Betutu adalah salah satu menu khas dari Pulau Bali. Kelezatan menu ini sudah terkenal hingga ke pelosok nusantara, tak terkecuali Jogja. Menu  ini bisa dibilang salah satu menu yang wajib dicoba jika saya mengunjungi tempat makan bernuansa Bali, dan salah satunya adalah Warung Putu Bujangga yang terletak di Jl. Prawirotaman I, Jogja.

Awal ketertarikan saya pada rumah makan ini adalah karena menghadirkan nuansa Bali di tengah Jl. Prawirotaman, yang terkenal dengan banyaknya pelancong mancanegara. Selain itu, rumah makan ini terbilang baru jadi ngga ada salahnya untuk dicoba. Pada malam tersebut, saya sengaja mampir ke rumah makan ini. Dari depan, tampak berbagai ornamen Bali menghias rumah makan ini. Para pengunjung yang mayoritas adalah wisatawan mancanegara pun seolah menambah kental nuansa Bali-nya. Saya pun masuk dan memilih untuk duduk di bagian dalam dari rumah makan ini.

Berbagai menu bernuansa Bali ditawarkan di tempat ini, dan salah satunya adalah Ayam Betutu. Berhubung saya menggemari menu tersebut, dan kebetulan harganya pun bersahabat Rp. 25.000 untuk porsi kecilnya, saya pun memesan menu ini. Saya sedikit terkejut ketika menu ini hadir di hadapan saya. Ukuran porsinya yang tertulis kecil tersebut rupanya tak sekecil yang saya bayangkan. Menu ini bisa disantap oleh dua orang karena terbilang cukup besar. Saya pun segera menyantap menu ayam betutu ini. Ketika disantap, rasanya pun membuat saya terkejut karena alih-alih terasa pedas menggigit seperti di beberapa rumah makan lain yang pernah saya cicipi, menu ayam betutu di Warung Putu Bujangga ini terasa manis.

Meski berbeda, menu ayam betutu dengan cita rasa yang disesuaikan dengan lidah Jawa ini tetap terasa lezat. Rasa manis yang berpadu dengan irisan sayuran segar serta rasa asam dari tomat memberi sensasi kesegaran pada menu ini. Ayamnya yang lembut pun seolah menyatu dengan saus manis kecoklatan tersebut. Memang, menu ini tidak sesuai dengan bayangan saya tentang ayam betutu namun bukan berarti menu ini tidak lezat.

Untuk melengkapi pengalaman bersantap menu Bali malam tersebut, saya pun memesan segelas es daluman. Yup, menu yang terbuat dari santan, gula merah, dan cincau Bali ini terasa begitu menyegarkan dan mendinginkan perut selepas bersantap besar.

Buat toko online cuma 20 detik! Hanya Rp 99ribu/bulan. Coba sekarang GRATIS 15 hari. Kunjungi Jejualan Jasa Pembuatan Toko Online.

(Dito/DISKON.com)


Tags : Kuliner, Jogja, Bali, Ayam Betutu


Komentari kuliner ini


© 2013 MakanJogja.com | Wisata Kuliner Jogja | Kontak Tim Makanjogja | hosted by IDwebhost Page loaded in 0.0488 second.