Wisata Kuliner Jogja

Wisata Kuliner Jogja

Menikmati 28 Jenis Sambal di Warung Legendaris Spesial Sambal

Menikmati 28 Jenis Sambal di Warung Legendaris Spesial Sambal Jogja

Jauh sebelum warung-warung penyaji menu pedas bertebaran di setiap sudut kota Jogja, Spesial Sambal sudah hadir dengan menyajikan aneka menu sambal. Meski kini cabangnya sudah ada dimana-mana, namun ada satu tempat yang bisa dibilang cikal bakal dari warung ini, yaitu di Jl. Kaliurang KM 3 atau tepatnya di sisi barat Graha Sabha Pramana.

Untuk merasakan kembali sensasi pertama kali mencicipi menu ala Spesial Sambal ini, saya pun memutuskan untuk mengunjungi ke gerainya yang terletak di Jl. Kaliurang tersebut. Waktu menginjak pukul 19.00 WIB, dan warung tenda yang terbilang tak besar itu sudah dipenuhi pengunjung. Wajar, warung yang buka pukul 17.00 WIB ini bisa dibilang berada di lokasi yang sangat strategis. Saya pun akhirnya memutuskan untuk duduk lesehan, tanpa dipayungi oleh tenda warung tersebut. Diantara lauk yang saya pesan, saya memesan tiga jenis sambal, yaitu Sambal Bawang Gobal-Gabul, Sambal Tubruk, dan Sambal Mangga Muda. Masing-masing sambal ini hanya dikenai harga tak lebih dari Rp. 2.500.

Setelah menanti cukup lama, satu per satu pesanan saya pun muncul juga. Setelah semua pesanan terkumpul, barulah saya mencicipi menu tersebut. Saya sengaja memesan seporsi tempe karena menurut saya tempe ini sangat pas untuk disantap bersama sambal. Saya pun mencocolkan tempe garit tersebut ke sambal Bawang Gobal-Gabul. Aroma wangi dari perpaduan bawang merah dan bawang putih, serta pedasnya cabai merah langsung memberi efek pedas yang menggigit. Perpaduan rasa yang sederhana namun diracik dengan baik sehingga menciptakan satu cita rasa pedas wangi yang menggugah selera.

Sambal berikutnya, Sambal Tubruk pun tak kalah pedas. Sambal ini memang spesial karena rasa pedasnya dibalut dengan aroma wangi daun jeruk purut. Terakhir namun ngga kalah lezat adalah Sambal Mangga Muda. Untuk saya, sambal ini bisa dibilang yang paling unik dari ketiga menu sambal yang saya pesan. Rasa sambal ini benar-benar kaya, mulai dari pedasnya cabai merah, terasi, dan irisan mangga muda yang asam dan menyegarkan dicampur jadi satu. Ngga salah saya menyantapnya bersama seporsi tempe garit. Benar-benar lezat.

 

Spesial Sambal

Jl. Kaliurang KM. 3, Jogja (sisi barat Gedung Graha Sabha Pramana)

17.00 – 22.00 WIB

Buat toko online cuma 20 detik! Hanya Rp 99ribu/bulan. Coba sekarang GRATIS 15 hari. Kunjungi Jejualan Jasa Pembuatan Toko Online.

Menikmati 28 Jenis Sambal di Warung Legendaris Spesial Sambal

(Dito/DISKON.com)


Lokasi:

Alamat :Jl. Kaliurang KM. 3, Jogja (sisi barat Gedung Graha Sabha Pramana)

Jam Operasional : 17.00 22.00 WIB

Latitude: Longitude:

Tags : Kuliner, Jogja, Sambal, Sambal Mangga Muda, Sambal Gobal Gabul


Komentari kuliner ini


© 2013 MakanJogja.com | Wisata Kuliner Jogja | Kontak Tim Makanjogja | hosted by IDwebhost Page loaded in 0.0994 second.