Wisata Kuliner Jogja

Wisata Kuliner Jogja

Home » Resto

Menikmati Kelezatan Sate dan Gule Kambing Khas Tegal di Sate Balibul

Menikmati Kelezatan Sate dan Gule Kambing Khas Tegal di Sate Balibul Jogja

Menu kambing adalah salah satu menu yang saya sebut sebagai menu of the month kali ini karena seringnya saya dihadapkan dengan menu ini. Mulai dari acara syukuran hingga makan sehari-hari, saya kerap berjumpa dan menyantap menu kambing di bulan ini.

Salah satu tempat makan kambing yang menurut saya cukup membuat saya terkesan adalah Sate Kambing Balibul. Gerai sate kambing yang terletak di ruas Jl. Munggur ini sebenarnya terbilang baru namun cukup menarik untuk dicoba. Saya dan seorang teman yang kebetulan melintas di ruas jalan tersebut memutuskan untuk mampir bersantap siang di gerai ini. Menu satenya sendiri ada tiga pilihan, yaitu sate kambing ala Solo, sate kambing ala Tegal, ataupun sate buntel. Berhubung yang direkomendasikan oleh si penjual adalah sate kambing khas Tegal maka saya pun memutuskan untuk memesan seporsi sate Kambing Tegal isi lima tusuk. Selain itu, menu gulenya pun menarik untuk dicoba. Teman saya pun memilih untuk memesan menu tersebut sebagai menu santap siangnya.

Untuk ukuran menu sate kambing, harga di gerai ini cukup bersahabat, atau setidaknya dapat disesuaikan dengan kemampuan dompet. Selain tersedia porsi lima tusuk, gerai ini juga menyajikan porsi 10 tusuk dan 20 tusuk, yang tentunya dikenai harga yang lebih mahal. Berhubung keuangan saya sedang mepet, saya memutuskan memesan yang isi lima tusuk. Sate khas tegal sendiri adalah sate yang bakar tanpa bumbu apapun. Ketiadaan bumbu ini sangat menarik karena berhasil mengeluarkan rasa asli dari kambing yang gurih. Pemilihan daging kambing balibul (bawah lima bulan) membuat aroma daging kambing ini tidak prengus dan terasa begitu lembut dan juicy. Sederhana dan lezat. Dalam penyajiannya, sate ini dihadirkan bersama kecap namun tidak dicampur. Sedikit sentuhan kecap memberi rasa manis diantara rasa gurih dan kelembutan daging kambing ini. Berbeda dengan satenya yang minim bumbu, gule kambingnya terasa memiliki kekayaan rasa. Berbagai rempah yang teracik dalam kuah kuning gule ini memberi kekayaan rasa pada potongan daging kambing yang menjadi isiannya. Mantap.

Setelah saya mencicipi berbagai cara mengolah daging kambing, mungkin cara mengolah yang sederhana seperti sate khas Tegal ini adalah salah satu cara memasak kambing favorit saya. Saya dan teman saya sangat terpuaskan bersantap di gerai ini. Meski belum populer namun secara rasa dijamin tak mengecewakan.

 

Sate Balibul

Jl. Munggur, Jogja

10.00 – 21.00 WIB

Buat toko online cuma 20 detik! Hanya Rp 99ribu/bulan. Coba sekarang GRATIS 15 hari. Kunjungi Jejualan Jasa Pembuatan Toko Online.

Menikmati Kelezatan Sate dan Gule Kambing Khas Tegal di Sate Balibul

(Dito/DISKON.com)


Lokasi:

Nama Resto : Sate Balibul

Alamat :Jl. Munggur, Jogja



Harga Per Porsi makan dan minum : Rp 20.000,-

Jam Operasional : 10.00 21.00 WIB

Rating :

Latitude: Longitude:

Tags : Kuliner, Jogja, Sate, Sate Kambing, Gule


Komentari kuliner ini


© 2013 MakanJogja.com | Wisata Kuliner Jogja | Kontak Tim Makanjogja | hosted by IDwebhost Page loaded in 0.0662 second.