Wisata Kuliner Jogja

Wisata Kuliner Jogja

Home » Resto

Sari Dele Spesial Racikan Pak Jo

Sari Dele Spesial Racikan Pak Jo Jogja

Ngomongin kuliner Jogja rasanya ngga akan lengkap kalau belum membahas angkringan. Diantara berjamurnya angkringan di Jogja, ada satu angkringan unik dan bisa dibilang memiliki spesialisasi meracik minuman Sari Dele (Kedelai). Angkringan yang dikenal dengan Angkringan Pak Jo ini terletak di Jl. Gamelan (Selatan Plengkung Wijilan, Njeron Benteng), dan beroperasi diatas jam 21.00 WIB.

Angkringan ini jika diperhatikan tidak berbeda dengan angkringan-angkringan pada umumnya. Untuk saya ada dua hal yang menjadi daya tarik dari angkringan ini, yaitu sosok Pak Jo dan menu minuman sari dele  yang susah untuk ditandingi. Sosok Pak Jo ini menurut saya cukup menarik, karena sosoknya yang ramah, halus, dan sederhana mampu memberi kesan tersendiri dan membuat orang ingin untuk datang kembali.

Nah, soal sari dele-nya, racikan Pak Jo memang tiada duanya. Dulu, pertama kali saya mendengar keberadaan sari dele ini saya pikir tidak akan berbeda jauh dengan susu kedelai pada umumnya. Saya salah, rasanya jauh lebih ringan dan lezat. Apalagi jika diminum di cuaca yang dingin, sensasional.

Penyajian minuman ini dapat disesuaikan denga selera, baik dengan tape ketan hijau, jahe, ataupun polosan (tanpa campuran). Meski yang paling populer adalah sari dele Tape, saya pribadi lebih menyukai versi polosan. Dikarenakan disajikan panas, Pak Jo senantiasa memberikan lepek (piring kecil yang berfungsi sebagai tatakan gelas) yang dapat digunakan untuk meminum sari dele tersebut agar cepat dingin.

Untuk menu makanannya, angkringan ini masih terbilang sama dengan menu-menu angkringan lainnya. Mulai dari gorengan, tahu bacem, sate telur puyuh hingga kepala ayam tersedia disini. Konon salah satu hal yang spesial lagi dari angkringan ini adalah jadah bakarnya yang lezat. Jadah bakarnya memiliki aroma wangi daun pisang serta gula manis di dalamnya. Sangat pas disantap bersama sari dele. Oiya, dan harga satu porsi sari dele yang fenomenal ini benar-benar murah. Hanya Rp. 1.500 saja per gelas. Angkringan ini benar-benar menjadi rekomendasi saya jika ada orang yang bertanya seputar kuliner dan angkringan di Jogja. Wajib dicoba.

Buat toko online cuma 20 detik! Hanya Rp 99ribu/bulan. Coba sekarang GRATIS 15 hari. Kunjungi Jejualan Jasa Pembuatan Toko Online.

(Dito/DISKON.com)


Tags : Kuliner, Jogja, Angkringan


Komentari kuliner ini


© 2013 MakanJogja.com | Wisata Kuliner Jogja | Kontak Tim Makanjogja | hosted by IDwebhost Page loaded in 0.2616 second.