Wisata Kuliner Jogja

Wisata Kuliner Jogja

Home » Resto

Saung Cikur, Sajikan Menu-Menu Khas Sunda yang Menggugah Selera

Saung Cikur, Sajikan Menu-Menu Khas Sunda yang Menggugah Selera Jogja

Keluarga saya baru-baru ini melakukan kumpul keluarga di sebuah rumah makan yang bernama Saung Cikur. Saya pribadi tidak mengetahui apapun mengenai rumah makan ini sebelumnya namun menurut cerita saudara saya, rumah makan ini menyajikan menu-menu yang cukup lezat.

Jika didengar dari namanya, saya langsung merasa rumah makan ini akan bernuansa Sunda. Ketika saya tiba, dugaan saya pun benar. Secara fisik bangunan, rumah makan ini memang terbuat dari bambu, dan tampak sangat asri. Sedangkan makanannya, menu-menu di rumah makan ini memang didominasi oleh menu-menu khas Sunda. Nuansa Sunda ini pun semakin kuat dengan diperdengarkannya alunan musik yang tenang nan menghanyutkan dari instrumen-instrumen musik Sunda. Saya pun mulai menyusuri satu per satu menu yang ditawarkan. Tanpa pikir terlalu lama, pilihan saya jatuh pada menu nasi timbel dan nasi bakar oncom. Dua menu yang menurut saudara saya andalan dari rumah makan ini.

Menu nasi timbel sendiri sebenarnya adalah nasi biasa yang dibungkus dengan daun pisang. Selain itu, menu ini dilengkapi dengan berbagai lauk pauk seperti ayam goreng, tahu, potongan ikan asin, sayur asem, dan aneka lalapan serta sambal. Daun pisang yang membungkus nasi hangatnya ini tidak hanya menahan panas nasinya namun juga memberikan sedikit kesegaran pada nasinya. Sedangkan yang istimewa dari menu ini sebenarnya sambalnya yang pedas dan menggugah selera, serta sayur asamnya yang begitu menyegarkan. Selain itu, kelengkapan dari menu ini memang dijamin akan membuat siapapun langsung bernafsu untuk menyantapnya. Berbeda dengan menu pertama, menu nasi bakar oncom ini memiliki keunikan pada nasinya. Nasinya yang dibungkus daun pisang lalu dibakar ini terasa sangat aromatik. Selain itu, kehadiran oncom yang dicampur dengan nasinya menghadirkan cita rasa yang unik. Sedikit gurih, asing, namun lezat. Sambalnya pun terbilang lebih pedas dan mantap dari sambal menu pertama. Selain itu, menu ini disajikan dengan lauk empal yang cenderung manis. Sangat pas dengan lidah orang Jawa. Sederhana namun cukup kaya akan rasa.

Secara rasa, menu khas Sunda yang disajikan di rumah makan ini didominasi dengan rasa gurih, pedas, dan segar. Ketiga rasa ini mewarnai di tiap menu, dan dirasakan di tiap suap menu-menu tersebut. Tawaran rasanya pun terbilang cukup memanjakan lidah, dan menggugah selera. Meski gerai makan ini masih belum populer namun secara menu sebenarnya cukup menjanjikan.

 

Saung Cikur

Jl. Sukoharjo (utara terminal Condong Catur), jogja

08.00 – 22.00 WIB

Buat toko online cuma 20 detik! Hanya Rp 99ribu/bulan. Coba sekarang GRATIS 15 hari. Kunjungi Jejualan Jasa Pembuatan Toko Online.

Saung Cikur, Sajikan Menu-Menu Khas Sunda yang Menggugah Selera

(Dito/DISKON.com)


Lokasi:

Nama Resto : Saung Cikur

Alamat :Jl. Sukoharjo (utara terminal Condong Catur), jogja



Harga Per Porsi makan dan minum : Rp 25.000,-

Jam Operasional : 08.00 22.00 WIB

Rating :

Latitude: Longitude:

Tags : Kuliner, Jogja, Sunda, Nasi Timbel, Nasi Oncom


Komentari kuliner ini


© 2013 MakanJogja.com | Wisata Kuliner Jogja | Kontak Tim Makanjogja | hosted by IDwebhost Page loaded in 0.0490 second.