Wisata Kuliner Jogja

Wisata Kuliner Jogja

Home » Cafe

Spot Populer dan Kekinian: Tujuan

Spot Populer dan Kekinian: Tujuan Jogja

Tata Ruang: Gerai ini terbilang memiliki desain yang cukup berbeda jika dibandingkan dengan gerai-gerai lain yang hadir di area Jl. Tirtodipuran yang identik dengan wisatawan mancanegara ini. Pilihan desainnya lebih muda, dan cenderung mengarah ke desain-desain yang lebih banyak berada di area utara kota Jogja. PIlihan warnannya cukup bold dan membuatnya terlihat fotogenik. Alih-alih menggunakan mural sebagai penarik perhatian dan selfie spot, Tujuan lebih memilih untuk memainkan warna dan struktur jendela, pintu, atau furniture-nya. Area dalam ruangnya cukup lapang, dan memiliki jendela yang cukup luas untuk mengimbangi warna-warna tegas dari tembok maupun funiturenya. Area luar ruangnya yang tertata dengan rapi, dan minimalis pun membuat gerai ini semakin menarik untuk direkam dalam kamera tanpa perlu mengabaikan faktor kenyamanan.

Menu: Pilihan menu yang ditawarkan cukup banyak, yang cukup didominasi dengan menu-menu tradisional. Saya membukannya dengan menu Mentho. Mento sendiri konon adalah dadar berisi daging sapi cincang yang dimasak bersama santan hingga mengental di dalam daun pisang. Mento di gerai ini pun serupa seperti itu dengan rasa yang gurih. Sederhana namun memikat. Rasanya yang gurih membuatnya cocok untuk disantap sebagai hidangan pembuka. Menu berikutnya adalah Quiche, pie gurih yang diisi dengan daging asap dan keju. Jika Menu Mentho memwakili rasa gurih sederhana khas Indonesia, Quiche cenderung mewakili rasa gurih khas menu-menu western yang creamy dan cheesy. Sama sederhananya dengan mentho namun beda nuansa rasa dan sedikit lebih berat. Bubur Manado yang saya pesan sebagai menu utama ini karakter rasa yang menyegarkan. Isian sayur dan jagungnya menghadirkan kekayaan rasa yang berbeda dari menu bubur di Jawa. Sedangkan potongan ikan asin serta sambalnya pun membuat lapisan rasa yang ditawarkan oleh menu ini semakin banyak. Setelah menyelesaikan menu-menu gurihnya, saya menutupnya dengan menu manis bernama Pis Kopyor, yang memadukan daging kelapa dengan potongan roti tawar dalam kuah manis yang sedikit bersantan. Menu yang berbalut daun pisang ini terasa manis, aromatik, dan memikat. Pas untuk disantap sebagai penutup. Untuk minumannya, saya memilih menu soda gembira dan beras kencur. Soda gembira yang mewakili kemewahan masa lalu ini sebenarnya biasa saja namun terasa klasik dan sedikit nostalgis. Sedangkan Beras Kencur-nya melengkapi seluruh sajian tradisional yang tampaknya memang sengaja dikedepankan oleh gerai ini.

Catatan: Variasi menunya cukup banyak namun pilihan makanan besarnya cukup terbatas. Gerai ini ampaknya memang lebih mengarah untuk dijadikan sebagai tempat nongkrong ataupun bekerja bersama dibandingkan sebagai tempat santap besar bersama keluarga.

 

Tujuan

Jl. Tirtodipuran, Jogja

11.00 – 24.00 WIB

 

Buat toko online cuma 20 detik! Hanya Rp 99ribu/bulan. Coba sekarang GRATIS 15 hari. Kunjungi Jejualan Jasa Pembuatan Toko Online.

Spot Populer dan Kekinian: Tujuan

(Dito/DISKON.com)


Lokasi:

Nama Resto : Tujuan

Alamat :Jl. Tirtodipuran, Jogja



Harga Per Porsi makan dan minum : Rp 25.000,-

Jam Operasional : 11.00 24.00 WIB

Rating :

Latitude: Longitude:

Tags : Kuliner, Jogja, Tradisional, Nongkrong, Mento, Bubur Manado, Quiche, Jamu, Soda Gembira


Komentari kuliner ini


© 2013 MakanJogja.com | Wisata Kuliner Jogja | Kontak Tim Makanjogja | hosted by IDwebhost Page loaded in 0.0602 second.